Liga Champions: Liverpool Bekuk Porto 2-0

Liverpool – Liverpool meraih modal penting dalam duel kontra Porto di perempatfinal Liga Champions. The Reds menang dua gol tanpa balas di leg pertama.

Pada laga yang dihelat di Anfield, Rabu (10/4/2019) dinihari WIB, Liverpool punya 15 attempts dengan tiga on goal. Sementara Porto punya delapan attempts dengan tiga on target.

Liverpool memimpin 2-0 dalam tempo di bawah setengah jam. Gol pertama dibuat Naby Keita pada menit ke-25 disusul gol Roberto Firmino di menit ke-26.

Kemenangan ini jadi modal Liverpool melawat ke Estadion Do Dragao, kandang Porto, 17 April mendatang.

Bacaan Lainnya

Jalannya pertandingan

Porto mengambil inisiatif serangan lebih dulu setelah Moussa Marega berusaha menyambut umpan silang rekannya pada menit kedua. Sayang, Marega gagal menggapai bola tersebut dan malah melebar.

Liverpool langsung bikin gol lewat serangan pertamanya pada menit kelima Adalah Naby Keita yang menjebol jala Iker Casillas. Diawali aksi individu Sadio Mane yang melewati tiga pemain, dia mengirim umpan kepada Roberto Firmino.

Firmino yang melihat Keita dalam posisi bebas lantas mengoper kepada gelandang asal Guinea itu dan sepakannya yang sempat membentur bek lawan bersarang di gawang tim tamu.

Unggul cepat membuat Liverpool lebih leluasa mengembangkan permainan dan menyerang pertahanan Porto. Mohamed Salah membuang kesempatan bikin gol ketika sepakannya di dalam kotak penalti, meneruskan umpan Keita, bisa dibendung Casillas.

Empat menit kemudian, Salah gagal bikin gol dan kali ini dalam posisi satu lawan satu dengan Casillas, tembakan lob pemain Mesir itu masih menyamping di gawang kosong.

Firmino menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-26. Diawali pergerakan Firmino di sisi kiri, bola lantas dioper kepada Jordan Henderson di tengah dan melihat overlap Trent Alexander-Arnold, dia kirim bola ke sisi kanan.

Oleh Trent, bola langsung dioper ke depan gawang kosong dan mudah saja disontek Firmino untuk mengubah skor jadi 2-0 untuk Liverpool.

Porto sempat mendapat kans memperkecil skor di menit ke-29 saat Mariga berdiri bebas dan hanya tinggal Alisson Becker. Nama terakhir masih sanggup membendung bola sepakan Mariga.

Mariga kembali punya peluang empat menit setelanya tapi terbuang sia-sia. Kali ini dalam posisi bagus usai menerima umpan Danilo, sepakan Mariga tepat mengarah ke Alisson yang mampu menepisnya.

Pada menit ke-34, giliran Firmino membuang kans bikin gol setelah umpan tarik Henderson disambut sepakan kaki kanan namun masih melayang. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Liverpool 2-0.

Masuk di babak kedua, Liverpool sedikit menurunkan tekanan dan tak lagi membombardir pertahanan Porto. Ini memberikan angin untuk Porto mencari gol tandang di pertandingan ini.

Satu peluang didapat pada menit ke-69. Lagi-lagi Mariga punya kans untuk bikin gol tapi bola sepakannya ke pojok gawang bisa diamankan Alisson. Sepuluh menit berselang Mariga tetap tak bisa memaksimalkan peluang setelah bola tendangannya melayang.

Tak ada gol tercipta hingga laga berakhir dan Liverpool tetap menang 2-0.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, James Milner; Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Daniel Sturridge 83′), Sadio Mane (Divock Origi 73′).

Porto: Iker Casillas; Maxi Pereira, Felipe, Eder Militao, Alex Telles; Otavio, Oliver Torres (Bruno Costa 75′), Danilo Pereira, Jesus Manuel Corona; Moussa Marega, Tiquinho Soares (Yance Brahimi 62′). (mb/detik)

Pos terkait