London – Arsenal mengalahkan Napoli 2-0 di leg pertama perempatfinal Liga Europa. Dua gol kemenangan The Gunners dicetak Aaron Ramsey dan bunuh diri Kalidou Koulibaly.

Bermain di Emirates Stadium, London, Jumat (12/4/2019) dini hari WIB, Arsenal membuka keunggulan di menit ke-15. Ramsey yang membawa tuan rumah unggul 1-0.

Koulibaly kemudian menggandakan skor Arsenal, usai membuat gol bunuh diri di menit ke-25. Hingga laga tuntas, keunggulan 2-0 Arsenal tak mampu dikejar Napoli.

Hasil ini menjadi modal berharga tim besutan Unai Emery menuju leg kedua. Selanjutnya Arsenal gantian bertandang ke Naples untuk menghadapi Napoli di San Paolo, Jumat (19/4/2019) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Napoli mampu merepotkan tuan rumah di awal laga. Il Parteinopei membuka peluang terlebih dahulu pada menit ke-11. Kiriman umpan Dries Mertens dari sepak pojok disambut sundulan Kalidou Koulibaly. Upaya bek asal Senegal itu masih belum membuahkan hasil.

Empat menit berselang, Arsenal membalas dengan mencetak gol lewat aksi Ramsey. Gol ini lahir berkat kerja sama apik.

Bermula dari kombinasi Ramsey dan Mesut Oezil di lini tengah, bola dialirkan ke Alexandre Lacazette di sisi kanan. Penyerang asal Prancis itu kemudian melepas umpan terobosan ke Ainsley Maitland-Niles yang menusuk ke kotak penalti.

Dengan sekali kontrol, Maitland-Niles mengembalikan bola ke Ramsey yang sudah berada di kotak penalti. Pemain 28 tahun ini menyelesaikannya dengan sepakan mendatar yang gagal dihalau Alex Meret. Arsenal unggul 1-0.

Skuat Unai Emery mampu menggandakan kedudukan saat laga memasuki menit ke-25. Lucas Torreira mampu merebut bola dari penguasaan Fabian Ruiz di lini tengah.

Ia menggiring bola hingga depan kotak penalti Arsenal, sebelum melepas sepakan keras yang membentur kaki Koulibaly. Bola jadi berbelok arah dan mengecoh Meret, sehingga masuk ke gawang Napoli. Arsenal memimpin 2-0.

Di menit ke-39, Pierre-Emerick Aubameyang Arsenal hampir saja mengubah skor menjadi 3-0 bagi Arsenal. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti rupanya mampu dibendung Meret. Hal ini membuat skor 2-0 bagi Arsenal bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Napoli sempat menggetarkan jala Arsenal pada menit ke-52. Lorenzo Insigne yang merobek gawang Petr Cech, namun gol ini dianulir wasit karena Insigne sudah lebih dulu dalam posisi offside.

Tesentak dengan peluang Napoli, Arsenal gantian menekan pada menit ke-59. Ramsey melepas sepakan dari dalam kotak penalti usai menerima umpan dari Sead Kolasinac yang menusuk di sisi kiri, namun upayanya bisa ditepis Meret.

Dua peluang beruntun kemudian diciptakan Arsenal lagi melalui Kolasinac dan Maitland-Niles. Kegemilangan Meret membuat gawang Napoli terhindar dari gol ketiga lawan.

Di sisa waktu yang ada, kedua tim saling bertukar peluang. Namun tak ada gol yang tercipta, sehingga skor 2-0 untuk kemenangan Arsenal menutup laga.

Susunan Pemain

Arsenal: Cech; Sokratis , Koscielny, Monreal; Maitland-Niles, Torreira (Elneny 77′), Ramsey, Kolasinac; Oezil (Mkhitaryan 67′); Lacazette (Iwobi 67′), Aubameyang.

Napoli: Meret; Hysaj, Maksimovic, Koulibaly, Rui; Callejon, Allan, Ruiz (Ounas 83′),Zielinski; Mertens (Milik 66′), Insigne (Younes 83′). (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE