Liga Inggris: Chelsea Tumpas Brighton 3-0

London – Angka penuh direbut Chelsea saat memenuhi tantangan Brighton & Hove Albion di Liga Inggris. Chelsea memetik kemenangan mudah dengan skor 3-0.

Pada pertandingan di Stamford Bridge, Kamis (4/4/2019) dinihari WIB, Chelsea mengungguli Brighton 1-0 di babak pertama berkat gol Olivier Giroud. Di babak kedua, gol-gol the Blues lainnya terlahir dari kaki Eden Hazard dan Ruben Loftus-Cheek.

Read More

Kemenangan Chelsea menambah seru persaingan finis empat besar. Dengan tambahan tiga poin ini, Si Biru menggusur Manchester United untuk nangkring di peringkat kelima klasemen sementara usai mengumpulkan 63 poin hasil 32 pertandingan.

Chelsea unggul satu poin dari MU [6], dan memiliki poin setara Arsenal [5] tapi kalah selisih gol. Tim London Barat ini juga hanya tertinggal satu poin dari Tottenham Hotspur di peringkat ketiga. Sedangkan Brighton tetap di posisi 15 dengan perolehan 33 poin, berjarak lima poin dari Cardiff City yang ada di zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Chelsea mendominasi penguasaan bola. Tapi peluang nyata pertama baru hadir di menit ke-11 saat N’Golo Kante bekerja sama dengan Callum Hudson-Odoi di sayap kanan. Pemain yang disebut terakhir melakukan tusukan sebelum melepaskan tembakan melengkung ke arah tiang jauh meski diblok sehingga melambung.

Setelahnya, sepak pojok Chelsea mengancam gawang Brighton lagi. Tendangan Hazard disambut Olivier Giroud dengan sundulan di dalam kotak penalti, tapi bola belum tepat sasaran.

Di menit ke-15, klaim penalti Chelsea ditolak. Kante jatuh dalam kawalan Gaetan Bong tapi wasit tidak menganggap ada pelanggaran.

Brighton akhirnya bisa keluar dari tekanan. Empat menit kemudian, Alireza Jahanbaksh melepaskan umpan silang yang diteruskan Solomon March dengan sontekan, tapi bola hanya bersarang di sisi luar jala gawang Kepa Arrizabalaga.

Chelsea terus mengurung Brighton. Di menit ke-27, crossing Cesar Azpilicueta menemui Giroud yang diteruskan dengan tandukan tapi bola masih melenceng. Usaha Chelsea kembali menemui jalan buntu saat sepakan Giroud diblok dua pemain bertahan lawan.

Delapan menit kemudian, Brighton gagal memanfaatkan peluang. Yves Bissouma melewati penjagaan Hudson-Odoi dan Azpilicueta, sebelum menusuk dari byline. Sebuah umpan silang dilepaskan Bissouma di depan gawang tapi tidak ada kawan yang menyambar.

Peluang emas juga dilewatkan Chelsea di menit ke-37. Sundulan Giroud menemui Hazard, tapi dalam posisi tidak terkawal, sepakan kaki kirinya dari tengah kotak penalti justru melambung tinggi.

Kebuntuan Chelsea akhirnya terpecah semenit berselang. Giroud membuka keunggulan untuk memimpin 1-0. Dari sisi kanan, Hudson-Odoi mengirim umpan silang mendatar yang diselesaikan Giroud dengan sontekan dari tiang dekat.

Di akhir waktu normal, peluang lain Chelsea terlahir. Dari kiri kotak penalti, Hazard melepaskan bola lambung kepada Hudson-Odoi. Tapi pemain yang disebut terakhir kurang tenang sehingga gagal mengantisipasi, momentum pun hilang.

Tekanan langsung dilakukan Chelsea usai kickoff babak kedua. Tandukan David Luiz ke tiang dekat masih bisa ditangkap kiper Matthew Ryan di menit ke-49. Tujuh menit kemudian, Hudson-Odoi meneruskan umpan lambung Jorginho dengan sundulan tapi bola mengarah kepada Ryan.

Gol kedua yang dinanti Chelsea akhirnya tercipta di menit ke-60. Diawali dengan kerjasama satu-dua, Ruben Loftus-Cheek mengirim umpan pendek kepada Hazard. Gelandang Belgia itu mengecoh Lewis Dunk sebelum menyelesaikan dengan tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau Ryan. Chelsea unggul 2-0.

Chelsea cuma butuh tiga menit untuk memperbesar skor menjadi 3-0. Gol itu tercipta dengan skenario yang mirip dengan gol sebelumnya.

Hazard mengakhiri pergerakan satu-dua dengan sebuah umpan mendatar. Dari tepi kotak penalti, Loftus-Cheek melepaskan tembakan ke tiang jauh yang bersarang di sudut atas gawang Brighton.

Chelsea nyaris menambah golnya di menit ke-70. Dari kiri kotak penalti, Hazard mengirim umpan silang ke tengah gawang, Kante menyambar tapi kontak dengan bola tidak sempurna. Alhasil, bola melambung ke atas mistar.

Keunggulan tiga gol membuat Chelsea menurunkan tempo permainannya. Brighton mencoba lebih agresif ketika sepakan pemain pengganti Bernardo berubah arah tapi Kepa Arrizabalaga masih mampu membaca pergerakan bola.

Jelang waktu berakhir, Brighton membuang peluang emas untuk menciptakan gol hiburan. Umpan panjang dari belakang menemui Knockaert yang tinggal berhadapan dengan Kepa. Tapi tembakannya melenceng.

Susunan Pemain:

CHELSEA: Kepa, David Luiz, Azpilicueta (Zappacosta 73′), Emerson, Christensen, Jorginho, Kante, Loftus-Cheek (Kovacic 82′), Hazard (Willian 84′), Giroud, Hudson-Odoi

BRIGHTON & HOVE ALBION: Ryan, Bong, Bruno Saltor, Duffy, Dunk, Stephens, Proepper, March (Knockaert 31′), Bissouma, Andone (Murray 70′), Jahanbakhsh (Bernardo 75′). (mb/detik)

Loading...

Related posts