Madrid – Real Madrid kembali gagal meraih angka maksimal di LaLiga. Berkunjung ke tim papan bawah Rayo Vallecano, Madrid menyerah dengan skor akhir 0-1.

Pada pertandingan di Estadio de Vallecas, Senin (29/4/2019) dinihari WIB, satu-satunya gol Rayo tercipta dari titik putih yang dicetak Adri Embarba. Menyusul pelanggaran Jesus Vallejo terhadap Javi Guerra.

Sementara itu Madrid tidak banyak melakukan ancaman berarti ke gawang Rayo di sepanjang pertandingan. Meski lebih dominan dengan 51 persen penguasaan bola, cuma tiga dari total sembilan percobaan El Real yang mengarah ke gawang tim tuan rumah.

Sedangkan Rayo melahirkan 11 percobaan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang, termasuk aksi-aksi di menit-menit akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, Madrid cuma meraih satu kemenangan dalam empat laga liga terakhir. Di pekan lalu, Los Blancos imbang tanpa gol di kandang Getafe.

Gareth Bale cs tetap di posisi ketiga klasemen dengan 65 poin hasil 35 pertandingan, berjarak sembilan poin dari Atletico Madrid di posisi kedua dan 18 poin dari Barcelona, yang sudah mengunci gelar juara. Di sisi lain, Rayo memelihara kans bertahan di divisi teratas dengan naik ke posisi 19 usai mengumpulkan 31 poin, tertinggal enam poin dari Girona di zona aman.

Jalannya Pertandingan

Real Madrid mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal. Di menit kenam, tembakan kaki kanan Marcelo ditepis Alberto Garcia. Bola rebound disambut Gareth Bale tapi masih meleset.

Rayo yang berjuang lolos dari degradasi merespons empat menit kemudian. Jose Angel Pozo menguji Thibaut Courtois untuk membuat penyelamatan.

Peluang lain diciptakan Rayo di menit ke-18. Mario Suarez merepotkan barisan pertahanan Madrid, sebelum menyodorkan bola kepada Pozo. Dalam situasi satu lawan satu, Courtois mampu mementahkan penyelesaian pemain lawan sehingga gawang Madrid pun aman.

Penalti untuk Rayo setelah Javi Guerra ditarik oleh Jesus Vallejo saat akan menusuk di kotak enam yard Madrid. Keputusan itu diambil wasit setelah memeriksa lewat VAR.

Adri Embarba tampil sebagai algojo. Si pemain melepaskan tembakan yang mengecoh Courtois sehingga jatuh ke arah yang salah. Rayo memimpin 1-0 atas Madrid di menit ke-24.

Setelah tertinggal, Madrid meningkatkan intensitasnya. Di menit ke-39, Mariano Diaz menuntaskan umpan Gareth Bale, yang menembus gawang Rayo. Namun, skor Madrid urung berubah usai gol dianulir karena Mariano offside.

Usai turun minum, Madrid membulai dengan lebih baik. Empat menit setelah kickoff, tusukan Bale di sisi kanan di akhiri dengan sepakan tapi masih mengarah ke Garcia.

Courtois membuat penyelamatan bagus usai menangkis tembakan jarak jauh Bebe. Madrid terlalu banyak menciptakan ruang bagi tim tuan rumah.

Pelanggaran yang dilakukan Rayo membuat Madrid mendapatkan tendangan bebas dari posisi yang berbahaya. Bale melepaskan tembakan melengkung yang ditepis Garcia sehingga menjadi tendangan sudut.

Selanjutnya pertandingan berjalan datar. Kedua tim tidak cukup agresif sehingga tidak ada peluang yang terjadi.

Namun pada menit ke-86, Rayo nyaris menciptakan gol keduanya dari skema serangan balik. Guerra berakselerasi untuk melewati Courtois, tapi posisi akhirnya di sudut sempit sehingga tembakannya bisa diblk Vallejo di garis gawang.

Menjelang laga berakhir, Rayo melancarkan serangan balik lainnya dari sisi kiri. Namun, bola terakhir Alex Moreno dengan mudah ditangkap Courtois.

Susunan Pemain

RAYO VALLECANO: Alberto Garcia, Tito, Ba, Alejandro Galvez, Mario Suarez (Alvaro Medran 78′), Jose Angel Pozo (Trejo 85′), Alex Moreno, Agbo, Javi Guerra, Bebe (Alvaro Garcia 79′), Adri Embarba

REAL MADRID: Courtois, Marcelo, Carvajal, Varane, Vallejo, Modric (Isco 74′), Kroos, Llorene, Ceballos (Brahim Diaz 61′), Bale, Mariano Diaz (Lucas Vazquez 82′). (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE