Menlu Retno: RI-Saudi Tingatkan Kerjasama di Sektor Energi dan Pariwisata

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud melakukan pertemuan bilateral di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas). Dalam pertemuan yang berlangsung selepas jamuan santap siang itu, Jokowi dan Raja Salman sepakat akan meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan tertulis yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Minggu (14/4/2019).

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah Haji Indonesia. Sementara itu menurut Retno, Arab Saudi juga mengapresiasi atas kepemimpinan Indonesia dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia.

“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” ucap Retno.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Retno menyampaikan, Raja Salman juga mengapresiasi Indonesia atas kepemimpinannya di dunia islam. “Dari pembicaraan tadi tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara,” ujar Retno.

Selain bertemu dengan Raja Salman, Jokowi juga bertemu dengan Menteri Muda urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi. Saudi mengapresiasi posisi Indonesia di Dewan Keamanan PBB yang juga ikut merepresentasikan kepentingan negara-negara muslim.

Hal tersebut menjadi salah satu poin pembahasan saat Jokowi sewaktu menerima kunjungan kehormatan Menteri Muda urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Adel Al Jubeir. Pertemuan tersebut berlangsung di Royal Guest House, Riyadh.

“Dalam pertemuan tersebut dibahas antara lain bagaimana kedua negara meningkatkan kerja sama bilateral. Dari pihak Saudi menekankan banyak sekali posisi yang kurang lebih sama yang selama ini dimiliki Indonesia dan Saudi Arabia di berbagai isu,” ujar Retno.

Jokowi dan Menteri Muda Urusan Luar Negeri Arab Saudi juga membahas mengenai kerja sama dalam rangka mensyiarkan Islam yang damai, Islam yang toleran, dan juga bekerja sama dalam konteks penanggulangan terorisme. Retno mengatakan, pada pertemuan itu juga membahas mengenai masalah bagaimana kedua negara dapat meningkatkan kerja sama dalam membantu mendukung perjuangan bangsa Palestina.

“Seperti diketahui bahwa masa depan Palestina menjadi lebih sulit dan menjadi kewajiban bagi Saudi Arabia dan Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dan untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ujar Retno. (mb/detik)

Pos terkait