Pemilu di Bali: 2 Pengawas Meninggal, 1 Petugas KPPS Pingsan Dibentak Caleg

Metrobatam, Denpasar – Dua anggota Bawaslu di Bali meninggal dunia dan enam petugas KPU sakit selama penyelenggaraan Pemilu 2019. Salah satu petugas KPPS, ada yang pingsan karena dibentak seorang caleg.

“PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) I Nyoman Astawa meninggal dunia setelah mengawasi proses pungut hitung hingga pukul 03.00 Wita, Sabtu (20/4/2019) lalu,” kata Ketua Bawaslu Bali Ketut Ariyani saat dihubungi via telepon di Denpasar, Bali, Selasa (23/4).

Read More

Tak hanya itu, ada juga seorang petugas Pengawas Pemilu Lapangan di Desa Tampekan, Banjar, Buleleng yang meninggal dunia. Petugas bernama Putu Sudiasa itu meninggal pada Sabtu (13/4) sebelum pemilu berlangsung.

“PPL kami di Buleleng ada Putu Sudiasa meninggal dunia. PPL yang di Buleleng (meninggal) awal pada saat pendistribusian logistik. Bisa kelelahan, usia juga, ya mungkin karena istirahatnya kurang, tambah drop,” tutur Ariyani.

Selain itu, ada petugas KPPS dan staf honorer KPU Bali yang sakit hingga kecelakaan. Tiga anggota KPPS dari Karangasem, yaitu I Nengah Widiartha, Ida Bagus Ketut Padang, dan I Made Agus Suta Wijaya, tumbang karena kelelahan.

“Data kami 4 anggota KPPS, 1 PPK, dan 1 pegawai kontrak KPU Bangli yang sakit. Paling parah sakit strok Nengah Widiartha anggota KPPS TPS Karangasem saat ini dirawat di RS Sanglah, yang lainnya sudah istirahat di rumah,” ujar Komisioner KPU Bali Gede Jhon Darmawan.

Sementara itu, petugas KPPS TPS 27 Jimbaran, Ni Komang Sri Apriani, pingsan saat hari pencoblosan. Dia pingsan karena dibentak caleg dari Jimbaran.

“KPPS di Jimbaran pingsan tapi sudah pulih, pingsan karena dibentak-dibentak caleg. Saat ini kami masih minta kronologisnya bisa juga dibentak karena tidak sabar menunggu C1 atau antrean. Sementara yang lainnya sakit kelelahan,” terangnya.

Selain itu, Jhon mengatakan staf sekretariat KPU Bangli AA Gede Juliarta mengalami patah tulang bahu pada Jumat (29/3). Saat ini Gede sudah menjalani operasi dan menunggu proses pemulihan.

“Staf sekretariat Bangli patah tulang bahu sudah dioperasi. Kecelakaan saat proses packing logistik. Untuk petugas PPK Kecamatan Manggis, Karangasem, Desak Made Armini, tadi drop tensinya turun dan sesak naPas,” terangnya. (mb/detik)

Loading...

Related posts