Metrobatam.com, Batam – Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo selalu mengingatkan kepada seluruh jajaran dan para Gubernur untuk selalu menggunakan anggaran dengan benar. Selan itu, terus diawasi agar tepat sasaran dan dirincikan dengan sebaik-baiknya agar tidak menjadi permasalahan dikemudian hari.
“Perlu kebersamaan dan dukungan semua agar semuanya tepat sasaran. Karena itu perlu implementasi dan kerja nyata untuk mengawasi dan mendorong pengelolaan keuangan yang baik. Kami juga harapkan masukan dan sarannya Asosiasi Auditor Intern Pemerintahan Indonesia (AAIPI),” kata Nurdin saat Pengukuhan Pengurus DPW AAIPI Kepri Periode 2018-2021 di Aula Kantor Perwakilan BPKP Kepri, Sekupang Kota Batam, Kamis (4/4).
Nurdin mengucapkan selamat bekerja kepada yang sudah dilantik. Mereka diminta langsung berkoordinasi serta bersinergi dengan Pemerintah Daerah sehingga penggunaan anggaran tepat dan terkontrol.
“Semoga memberikan kontribusi yang nyata dalam mengawasi dan membantu mengelola keuangan negara,” kata Nurdin.
Menurut Nurdin, salah satu Program Nasional adalah mencegah korupsi. Para pengurus diharap ikut berperan mencegah terjadinya hal seperti itu.
Nurdin menambahkan ada tiga poin yang akan dilaksanakan Provinsi Kepri dalam jangka pendeknya. Pertama, berbagai inovasi telah dilakukan seperti memangkas birokrasi dengan mempermudah semua proses perijinan tanpa melanggar aturan. Kedua, dengan letak Provinsi Kepri yang strategis diharapkan menjadi pendorong pembangunan infrastruktur untuk meningkatnya investasi sehingga pendapatan daerah meningkat dan pengelolaan keuangannya juga semakin baik.
Ketiga, Peran serta dari anggota AAIPI bisa maksimal agar keuangan negara bisa diselamatkan dengan tujuan pembangunan kesejahteraan masyarakat serta selalu mengawasinya.
“Mari bekerjasama dan bergandengan tangan agar Provinsi Kepri semakin makmur dalam mensejahterakan masyarakatnya,” kata Nurdin.
Hadir pada kesempatan itu Deputi Kepala BPKP Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Dr. Nurdin, AK, MBA, C.Fr.A, Inspektur Jendral Kementerian Keuangan sekaligus Ketua DPN AAIPI Sumiyati, Kepala Perwakilan BPKP Kepri Indra Khaira Jaya. Hadir juga Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Purwelelono, Asisten Pengawasan Kajati Kepri Jasmin Simanullang, Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma, Bupati Karimun H Aunur Rafiq Bupati Natuna Hamid Rizal dan Kepala Kantor Badan Kepegawaian Negara Regional XII Drs Margi Prayitno.
Ketua DPW AAIPI Kepri Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kepri mengatakan, auditor Internal Pemerintah berperan mengiringi jalannya pemerintahan dan mengawal program pimpinan organisasi/pemerintah daerah agar tetap pada koridor yang tepat. Saat ini jumlah anggota AAIPI di wilayah Kepri per Desember 2018 sebanyak 264 anggota, walaupun masih terdapat kekurangan tetapi terus berusaha untuk selalu bersinergi melalui organisasi AAIPI ini meningkatkan profesionalisme anggota, diklat, workshop, konsultasi, diskusi dan inovasi-inovasi.
“Semoga AAIPI Kepri menjadi wadah pembinaan, pengembangan dan pembangunan profesi auditor internal agar mendapat ridho Allah,” katanya.
Sementara itu, Ketua DPN AAIPI mengatakan, tanpa kerjasama dan dukungan dari semua pihak mustahil DPW AAIPI dilantik pada hari ini. Asosiasi ini merupakan wadah bagi profesi inspektur dalam mengawasi jalannya pemerintahan.
“Pengawasan tidak akan berjalan tanpa peran serta dan dukungan. Untuk menjadi AAIPI yang kuat dan mampu mengawasi jalannya pemerintah harus dipersiapkan auditor yang memiliki potensi dan kompetensi,” katanya. (Mb/Hms/Ade)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE