Polda Kepri Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Seligi 2019

Metrobatam.com, Batam – Polisi Daerah (Polda) Kepulauan Riau Menggelar Pasukan Operasi Keselamatan Seligi 2019, di halaman Mapolda Polda Kepri, Senin. (29/4).

Humas Polda Kepri Kombes Pol. Drs. S. Erlangga menjelaskan, Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Seligi 2019, dipimpin Wakapolda Kepri, Brigadir Jenderal Polisi Drs. H. Yan Fitri Halimansyah M.H, dan dihadiri oleh Irwasda Polda Kepri, para pejabat utama Polda Kepri, Para Komandan Satuan TNI, Perwakilan BP Batam, Dishub, Basarnas dan peserta Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Seligi 2019.

Wakapolda Kepri saat membacakan amanat Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Drs. Refdi Andri, M.Si, menyampaikan, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan pasca Pileg dan Pilpres tahun 2019 dalam rangka cipta kondisi menjelang bulan suci ramadhan 1440 Hijriah serta untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung sehingga kegiatan Operasi dapat berjalan dengan optimal.

AdapunAmanat Undang-Undang no 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan adalah untuk,

Bacaan Lainnya

1. Mewujudkan dan memilihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas.

2. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

3. Membangun budaya tertib berlalu lintas

4. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Keempat point diatas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri melainkan sinergitas antara pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah.

Prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah,

•Menggunakan Handphone saat mengemudi

• Tidak menggunakan Safety belt

• Menaikan dan menurunkan penumpang dijalan yang tidak pada tempatnya

• Melawan arus lalu lintas

• Mengendari kendaraan dibawah pengaruh narkoba, alkohol/Miras.

• Mengemudikan kendaraan dibawah umur

• Melebihi batas kecepatan maksimal

• Menggunakan bahu jalan bukan peruntukkanya.

Pelaksanaan Operasi keselamatan diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan Operasi diantaranya,

1. Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya

2. Meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas

3. Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas

4. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan terbentuknya opini positif dan tertib berlalu lintas.

Sementara itu, penyampaian Dir Lantas Polda Kepri, Kbp Roy Candra S.IK, untuk jumlah personil pada Operasi Keselamatan Seligi 2019 khususnya Polda Kepri sebanyak 110 Personil ditambah dan disesuaikan dengan Polres/ta jajaran Polda Kepri.

Operasi Keselamatan ini akan berlangsung selama 14 hari dari tanggal 29 April 2019 sampai dengan tanggal 12 Mei 2019, dan dibentuk 5 Satgas yaitu, Satgas Deteksi Dini, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Penegakan Hukum, dan Satgas Bantuan Operasi. Dihimbau kepada masyarakat Kepulauan Riau,

“Saat ini Polda Kepri dan jajaran sedang melaksanakan Operasi Keselamatan Seligi 2019 yang dikedepankan dalam Operasi ini adalah teguran dan sosialisasi berdisiplin berlalu lintas dapat meningkat di masyarakat terutama kepada orang tua yang anaknya masih di bangku sekolah jangan diberikan untuk menggunakan kendaraan”

(Mb/Hms)

Pos terkait