Prabowo ke Dubai Bersama Sekretariat Parlemen Rusia, Ada Apa?

Metrobatam, Jakarta – Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto pergi menuju ke Dubai, Uni Emirat Arab bersama empat warga negara asing pada Selasa pagi (28/5). Dua di antaranya adalah warga negara Rusia bernama Mikhail Davzdov dan Anzhelika Butaeva.

Pihak Ditjen Imigrasi Kemenkumham dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi sudah membenarkan hal tersebut. Juru debat BPN Prabowo-Sandi Ahmad Riza Patria mengatakan orang-orang yang pergi bersama Prabowo hanya sebatas teman.

Read More

“Betul, ke Dubai tadi pagi. Naik private jet bersama teman-temannya,” ucap Riza saat dihubungi wartawan, Selasa (28/5).

Mikhail Davzdov dan Anzhelika Butaeva sendiri bukan warga negara Rusia biasa. Mereka merupakan Anggota Sekretariat Parlemen Rusia.

Keduanya pernah diundang Wakil Ketua DPR dari fraksi Gerindra Fadli Zon untuk menyaksikan pelaksanaan pemilu di Indonesia. Hal itu tercantum dalam artikel berjudul ‘DPR Undang Parlemen Asing Saksikan Pemilu’ yang dirilis oleh laman www.dpr.go.id pada 16 April lalu.

Selain parlemen Rusia, DPR juga mengundang perwakilan dari Turki, Malaysia, Pakistan dan Rusia. Selain itu, diundang pula Organisasi Konferensi Islam dan Westminster Foundation for Democracy (WFD), Inggris, serta Global Organization of Parliamentarians against Corruption (GOPAC).

“Ini adalah inisiatif DPR untuk mengundang sejumlah anggota parlemen dari beberapa negara sahabat sekaligus organisasi internasional yang selama ini dekat dan bekerja sama dengan DPR. Ini adalah pemilu serentak pertama yang kita laksanakan, baik Pilpres maupun Pileg,” ucap Fadli di gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Selasa (16/4) dilansir dari www. dpr.go.id.

Prabowo bertolak menuju Dubai, Uni Emirat Arab pada Selasa pagi (28/5). Dia berangkat menggunakan pesawat Charter Private Jet Ambraer 190/ Lineage 1000 nomor registrasi 9HNYC melalui Bandara Halim Perdana Kusumah.

Rombongan yang ikut bersama Prabowo antara lain Tedy Arman, Yoriko Fransisko Karundeng, Gibrael Habel Karapang. Lalu, warga negara Rusia Mikhail Davzdov dan Anzhelika Butaeva, warga negara Amerika Serikat Justin Darrel Flores Howard, dan warga negara Jerman Mischa Demermann.

Selain itu, bersama mereka, berangkat pula 5 orang kru pesawat. Mereka adalah Guy Shewart Plact, Cyril Destremau, Antonina Cieszczyk, Cristina Cercone dan Paul Brooke.

Riza mengatakan bahwa Prabowo ke Dubai untuk urusan bisnis. Selain itu, Prabowo juga disebut ingin cek kesehatan.

“Selama kampanye pilpres ini kan waktu sibuk, belum sempat ke luar negeri menemui kolega dan teman. Sekalian cek kesehatan,” katanya.

Manifes ke Dubai Tersebar

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bertanya-tanya soal beredarnya manifes penerbangan Prabowo ke Dubai, Uni Emirat Arab. BPN Prabowo-Sandi meminta ada investigasi soal penyebar manifes tersebut.

“Jadi pertanyaan kami, apa kepentingan manifes Pak Prabowo disebar. Sampai semua wartawan bertanya kepada kami. Lalu sampai Kabag Imigrasi membuat keterangan khusus. Saya minta ini diinvestigasi siapa yang menyebar manifes. Apakah pihak bandara atau pihak Imigrasi yang menyebarkan,” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, kepada wartawan, Rabu (29/5/2019).

Dia mengatakan peristiwa serupa pernah terjadi saat Prabowo terbang ke Brunei Darussalam. Andre mengatakan hal ini seolah-olah membuat kegiatan Prabowo selalu dipantau.

“Kenapa terkesan ingin mengekspos Pak Prabowo. Sampai manifes yang tidak perlu diekspos malah diekspos. Terindikasi Pak Prabowo diintelin, semua kegiatan dipantau,” kata dia.

Menurutnya, manifes adalah dokumen yang bersifat rahasia dan terbatas karena memuat data diri penumpang, sehingga tak semestinya manifes dapat tersebar.

“Ke Brunei kemarin juga beredar manifesnya. Ini ke Dubai juga beredar. Siapa yang punya wewenang menyebarkan manifes? Ada apa ini? Memang nggak boleh orang bebas ke mana-mana?” ucapnya.

Seperti diketahui, Prabowo pagi ini bertolak ke Dubai bersama rombongan. Prabowo bertolak ke Dubai menggunakan jet pribadi. Eks Danjen Kopassus itu lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 08.14 WIB.

Ada sejumlah nama yang ikut dalam penerbangan itu. Yakni, asisten pribadi Prabowo Tedy Arman, Yuriko Fransiska Karundeng, Gibrael Habel Karapang, Mikhail Davydov dan Amzhelika Butaeva yang merupakan warga negara Rusia, Justin warga negara Amerika Serikat, serta Mischa Gemermann yang merupakan warga negara Jerman. (mb/cnn indonesia/detik)

Loading...

Related posts