Adegan Mesra dan Hinaan, MUI Minta ‘Pesbukers’ Setop Tayang di ANTV

Metrobatam, Jakarta – ‘Pesbukers’ dinilai berkonten buruk oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Program tersebut dianggap tak bermoral dengan menampilkan adegan mesra, hinaan, hingga bahasa mesum.

Mengenai hal tersebut pihak ‘Pesbukers’ akhirnya angkat suara. Lewat Manager Corporate Communication ANTV, Ichwan, ia mengaku masih belum bisa memberikan tanggapan lengkap.

Read More

“Saya terus terang belum dapat surat pemberitahuannya atau press rilisnya. Saya belum baca. Jadi saya masih belum bisa komen apa-apa dulu,” ucap Ichwan saat dihubungin detikHOT, Selasa (28/5/2019).

Ichwan mengaku bingung apa yang dipermasalahkan oleh MUI. Ia menyebut akan mempelajari lebih lanjut soal permasalahan tersebut.

“Perubahannya itu yang seperti apa ya. Saya juga belum tahu ini, yang dipermasalahkan yang mana,” tukas Ichwan.

Memang sebelumnya dalam keterangan pers yang diterima detikHOT dari pihak MUI mengatakan, ‘Pesbukers’ tak juga ada perubahan setelah beberapa kali dikoreksi sejak 2012 silam hingga ditegur oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Tak hanya itu, masyarakat juga banyak yang mengirimkan email ke MUI terkait keresahannya soal program ‘Pesbukers’. Apalagi pada program Ramadhannya yang bertajuk ‘Sahurnya Pesbukers’ dan ‘Pesbukers Ramadhan’.

“Coba nanti saya baca dulu press rilisnya. Dan saya juga harus nunggu dari MUI juga surat-suratnya,” kata Ichwan.

“Makanya saya cari tahu dulu ya. Saya masih belum bisa kasih komentar apa-apa dulu,” tukasnya.

Mengenai hal tersebut, MUI akan menggelar konferensi pers di kantornya. Jika tak ada halangan, jumpa pers tersebut akan dilakukan pada Rabu (29/5/2019) pukul 13.30 WIB.

Adegan Mesra hingga Hinaan ‘Pesbukers’

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempermasalahkan adengan mesra, hinaan, hingga bahasa mesum yang ada di ‘Pesbukers’. Karena penemuan itu, MUI minta program Ramadhan ‘Sahurnya Pesbukers’ dan ‘Pesbukers Ramadhan’ dihentikan.

Tayangan yang dibintangi oleh Luna Maya, Vega, Raffi Ahmad, Angel Lelga, Ayu Ting-ting, Aziz, Ruben, Eko Patrio dan Zaskia Gotik itu seringkali memperlihatkan adegan mesra. Tak jarang, dialog yang tak pantas dilontarkan.

Baca juga: Minta ‘Pesbukers’ Dihentikan, MUI Tegur Keras Adegan Ini

“Banyak berisi dialog dan adegan yang tidak pantas. Misal, adegan pelukan mesra, lama, dan erat antara Sangket dan Anjela, pasangan kekasih yang berulang tahun saat itu dan ditepuktangani oleh pemain lainnya,” ujar Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi, KH. Masduki Baidlowi dalam keterangannya yang diterima detikHOT, Selasa (28/5/2019).

Kata KH. Masduki Baidlowi, terdapat pula dialog saling menghina. Misalnya, dialog antara Aziz ‘Gagap’ dan Eko Patrio. Aziz bilang, ‘Kayak tapi budeg mending gue’. Eko menimpali, ‘Dari pada lu, jelek gagap’.

Tak hanya itu, KH. Masduki Baidlowi juga menyebut Eko melontarkan ungkapan merendahkan wanita, ‘Wanita mah gampang, tinggal bilang ah, ah (sambil menepuk-nepuk kantong saku bagian belakang)’.

“Eko adalah juga pejabat publik: dua periode anggota DPR dan terpilih kembali pemilu ini, serta Ketua DPW PAN DKI Jakarta. Sepatutnya memberi teladan baik pada publik,” ungkap Masduki Baidlowi.

Padahal, ‘Pesbukers’ sering kali ditegur oleh MUI dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Namun, hal tersebut tak diindahkan dan tetap melakukan kesalahan yang sama.

“Dari tahun ke tahun, ‘Sahurnya Pesbukers’ tidak ada perubahan. Masih menayangkan canda berlebihan, saling ejek, hina-menghina dan hura-hura. Busana para pemain wanita (Ayu Ting Ting dan Vega) sangat tidak patut karena mempertontonkan aurat,” tutur Masduki Baidlowi.

“Bahasa mesum juga mewarnai dialog program ini. Ada adegan pria berwajah India (Sakheer) berperan sebagai tukang ojek yang mengantarkan Zaskia Gotik. Saat diminta bayaran, Zaskia bilang, tidak punya uang. ‘Aku punyanya cuma cinta (sambil menggerakkan dan mengedepankan bagian dada). Atau, kita kawin saja’. Lalu duet ini berdansa,” ucap Masduki Baidlowi.

“Bertaburan kalimat-kalimat bernuansa sensual, ‘Maaf gesekan Anda terlalu kencang’, kata Raffi. Ruben dan Gotik menimpali dengan kalimat sejenis. Ayu Ting Ting tampak mengobral pakaian ketatnya dan status jandanya,” tukasnya. (mb/detik)

Loading...

Related posts