Antisipasi Kelangkaan, Pertamina dan Disperindag Sidak Elpiji

Metrobatam.com, Batam – Mengantisipasi kelangkaan elpiji 3 kg, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I melakukan sidak ke pangkalan di wilayah Kecamatan Sagulung dan Kecamatan Batu Aji pada Rabu (22/05). Sidak dilaksanakan bersama Kepala Bidang Perindustrian & ESDM, Januar Arka, Kepala Seksi ESDM, Elita Sari, serta Hiswana Migas DPC Kepri.

Sidak memeriksa tiga agen elpiji di Kecamatan Sagulung dan Kecamatan Batu Aji, yaitu PT Sarana Jaya Nusa, PT Makmur Kasih Kurnia, serta PT Dian Kerosene Pratama. Hasil sidak menemukan stok elpiji tersedia baik di agen maupun di pangkalan.

Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo, menerangkan dari hasil sidak tidak ditemukan adanya kelangkaan. “Meski untuk Kecamatan Sagulung dan Kecamatan Batu Aji sempat terjadi keterlambatan pengiriman elpiji ke pangkalan pada Selasa (21/5) pagi. Namun pasokan elpiji sudah terdistribusi ke pangkalan pada sore hari,” ujarnya.

Sejak awal awal Mei 2019, lebih dari 138.000 tabung elpiji 3 kg telah disalurkan ke dua kecamatan tersebut. Jumlah ini meningkat 1,2 persen dibandingkan dengan penyaluran normal.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Jr. Sales Executive Pertamina, William Handoko, menjelaskan bahwa pihaknya kembali menambah penyaluran elpiji 3 kg. “Hari Rabu (23/05), kami kembali menambah penyaluran elpiji di luar alokasi normal sebanyak 1.680 tabung di dua kecamatan tersebut,” tutur William.

Pertamina menyalurkan elpiji 3 kg rata-rata 171.890 tabung per bulan ke Kecamatan Sagulung dan Batu Aji. Stok elpiji 3 kg dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan warga. Terdapat 175 pangkalan dengan 2 agen di Kecamatan Sagulung dan 154 pangkalan dengan 1 agen di Kecamatan Batu Aji.

Pada sidak tersebut, juga diinstruksikan kepada seluruh pangkalan untuk menjual elpiji 3 kg sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Pemerintah. Yaitu seharga Rp 18.000 untuk wilayah Kota Batam. Ditegaskan, pangkalan yang melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi.

Melalui Sidak bersama dengan unsur pemda seperti ini, diharapkan penyaluran elpiji 3 kg menjadi lebih tepat sasaran. Pengawasan juga dilakukan untuk mengendalikan pembelian lebih dari dua tabung. Pertamina telah melakukan pembinaan kepada seluruh pangkalan terkait hal ini.

Pertamina menghimbau masyarakat untuk menyampaikan informasi terkait kebutuhan maupun layanan. Melalui Call Center Pertamina 135 maupun email [email protected]. Termasuk informasi indikasi pelanggaran yang dilakukan agen dan/atau pangkalan. Semua laporan yang masuk akan ditindaklanjuti. (Toni)

Pos terkait