Bahas Soal Wagub DKI, Pansus Kunker ke Riau dan Kepri

Metrobatam, Jakarta – Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI dari DPRD DKI Jakarta melakukan dua kunjungan kerja sekaligus. Kunjungan kerja disebut-sebut belajar dari daerah tentang pemilihan wakil gubernur DKI melalui proses paripurna.

“Kita habis dari Riau, rencananya habis ini mau ke Kepri (Kepulauan Riau) soal pergantian gubernur untuk pendalaman proses pergantian seperti apa,” kata Ketua Pansus Mohamad Sangaji atau Ongen kepada CNNIndonesia.com, Senin (27/5).

Read More

Dalam kunjungan kerjanya, Ongen bilang Pansus belajar mengenai sistem tata tertib pemilihan wakil gubernur melalui paripurna. Hal ini dilakukan karena sistem pemilihan wakil gubernur DKI melalui paripurna baru kali ini dilakukan.

“Nanti habis kunker kita tuangkan semuanya ke dalam pansus dan tata tertib. Menyusul juga masukan dari Kemendagri yang sudah kita terima kemarin,” ujar Ongen.

Adapun dua provinsi ini dipilih kata Ongen, karena keduanya memiliki kondisi yang sama dengan DKI. Kepri dan Riau sempat tak memiliki Wakil Gubernur dan melakukan pemilihan melalui paripurna.

“Sekarang mereka sudah ada terisi Wagub dan Gubernurnya sudah melewati paripurna. Kita mau belajar dari situ,” terang Ongen.

Rencananya, sehabis lebaran Pansus akan kembali melakukan rapat soal pemilihan Wagub. Seluruh rekomendasi dua provinsi ini akan dituangkan ke dalam rapat dan rekomendasi ini dipercaya bisa mempercepat jalannya proses pemilihan.

“Dengan dua provinsi yang sama menjadi masukan dalam proses perumusan tata tertib paripurna. Dan sekali lagi saya yakin tidak lama kok,” tutup dia.

Kunker ke daerah Riau sudah dilakukan beberapa kemarin. Rencananya dalam beberapa waktu ke depan Pansus akan terbang ke Kepri.

Diketahui ada dua calon wakil gubernur DKI yang diusung PKS. Mereka ialah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Keduanya telah melalui sejumlah uji kepatutan dan kelayakan serta dinyatakan berhak mengikuti paripurna pemilihan wagub DKI. (mb/cnn indonesia)

Loading...

Related posts