Metrobatam, Jakarta – Liverpool bikin lebih banyak peluang di kandang Barcelona. Gagal memaksimalkan jadi gol, mereka dihukum Lionel Messi dan Luis Suarez yang sangat efektif. Barcelona vs Liverpool tuntas 3-0.

Meski menjalani laga away, Liverpool tampil berani di Camp Mou, Kamis (2/5/2019) dinihari WIB. Pressing The Reds benar-benar merepotkan tuan rumah, yang terlihat tak nyaman ketika menguasai bola.

Dalam beberapa periode permainan, Liverpool adalah tim yang lebih baik di atas lapangan. Skuat besutan Juergen Klopp memaksa Barca banyak bertahan terutama di awal babak kedua. Tekanan hebat Liverpool membuat Barca kerap kehilangan bola dan tak mampu melewati separu lapangannya sendiri.

Ketidakmampuan Liverpool memaksimalkan peluang-peluang yang dipunya membuat mereka pulang tanpa bekal gol. Lionel Messi, seperti biasa, menjadi pembeda sekaligus kunci kemenangan Blaugrana.

Lionel Messi jadi pembeda setelah Liverpool tampil oke di Camp NouLionel Messi jadi pembeda setelah Liverpool tampil oke di Camp Nou Foto: Catherine Ivill/Getty Images

Pertandingan berjalan dengan tempo sedang di menit-menit awal. Liverpool memberikan tekanan hebat setiap Barcelona menguasai bola, sementara tuan rumah tetap memeragakan umpan-umpan pendek cepat.

Salah satu peluang pertama di awal pertandingan tercipta ketika Ivan Rakitic mendapat ruang di sisi kanan kotak penalti Liverpool. Tapi upayanya melepaskan umpan tarik di muka gawang gagal karena terhadang Matip.

Semenit berselang gantian Sadio Mane menusuk ke kotak penalti Barcelona namun terjatuh ketika dapat kawalan dari Gerard Pique. Wasit menyatakan tidak ada pelanggaran.

Di menit 14, Lionel Messi gagal menyambar umpan tarik dari sisi kiri yang dilepaskan Philippe Coutinho. Masih bisa menguasai bola, Messi kemudian mencoba berkelit dari keroyokan bek Liverpool. Pada momen itu Virgil Van Dijk terlihat menyentuh bola dengan tangannya, namun wasit tak menganggap itu penalti.

Penyelamatan pertama dari Alisson Becker. Coutinho memungut bola yang lepas dari kaki Messi di muka kotak penalti. Tendangan mantan pemain Liverpool itu ke arah tiang jauh masih bisa ditangkap Becker.

Gol Barcelona! Luis Suarez membawa tuan rumah unggul di menit 26. Suarez menyelinap di antara Van Dijk dan Matip untuk menyongsong bola rendah yang diumpan Jordi Alba dari sisi kiri. Sambil menjatuhkan diri, striker asal Uruguay itu membelokkan bola ke tiang dekat untuk memperdaya Becker.

Ini merupakan gol pertama Suarez di Liga Champions musim ini. Gol terakhir dia untuk Barca di Eropa adalah ke fawang AS Roma pada April 2018, tepat 392 hari lalu.

Messi turun sampai ke kotak penalti untuk membantu merebut bola. Dari dekat bendera di sudut lapangan, dia membangun serangan sendirian hingga mendekati kotak penalti The Reds. Suarez yang datang membantu mengambil alih bola dan mencoba mengumpan ke Coutinho, namun Gomes memotong jalur bola.

Sadio Mane punya peluang matang menyamakan kedudukan di menit 35 saat dia berhasil mengejar umpan terobosan yang dilepas Mohamed Salah. Sudah memenangi sprint dengan dua pemain Barcelona, tendangan Mane saat tinggal berhadapan dengan Ter Stegen melayang tinggi.

Liverpool terus menekan pertahanan Barcelona. Di menit 37 Salah melakukan gerak memutar dan melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti, namun bola diblok pemain belakang tuan rumah. Dari momen itu James Milner mencoba melepaskan tendangan jarak jauh, yang juga tak membuahkan hasil karena arahnya masih jauh menyamping dari sasaran.

Tensi pertandingan memanas jelang akhir babak pertama, dengan Suarez beberapa kali terlibat konfrontasi dengan pemain Liverpool.

Babak kedua dibuka dengan penyelamatan Ter Stegen. Kiper asal Jerman itu memblok tendangan kaki kiri Milner yang coba diarahkan ke tiang jauh.

Enam menit kemudian Ter Stegen kembali membuat penyelamatan krusial. Sambil menjatuhkan diri dia menghalau ke luar lapangan tendangan mendatar yang dilepaskan Salah dari luar kotak penalti.

Barcelona banyak berada dalam tekanan Liverpool di awal babak keduaBarcelona banyak berada dalam tekanan Liverpool di awal babak kedua Foto: (Action Images via Reuters/John Sibley)

Barcelona lebih banyak dalam tekanan di awal babak kedua ini. Tuan rumah kerap kehilangan bola saat berupaya membangun serangan balik cepat.

Kembali ancaman datang ke gawang Barcelona. Salah menusuk dari sisi kanan untuk kemudian melepaskan umpan datar ke arah Mane, pemain Senegal itu membuat gerakan menipu dengan membiarkan bola melintas. Milner yang datang dari arah belakang menyambarnya dengan tendangan keras. Tapi arahnya masih ke tengah gawang hingga kembali bisa diamankan ter Stegen.

Peluang pertama Barcelona di babak kedua baru datang di menit 63. Mendapat umpan dari Messi, Arturo Vidal yang berdiri tak terkawal malah memiluh mengumpan bola alih-alih menembaknya langsung. Ancaman tak sampai terjadi ke gawang Liverpool karena Van Dijk berhasil memotong jalur bola.

Gol Messi! Meski lebih banyak ditekan dan sering kehilangan bola, Barcelona tetap bisa menambah keunggulan.

Messi menjadi inisiator gol ini dengan tusukannya dari tengah lapangan ke kotak penalti. Messi lantas mengirim bola ke Sergi Roberto, yang langsung jatuh karena dipepet bek Liverpool. Tendangan Suarez usai memungut bola liar yang lepas dari kaki Roberto membentur mistar. Bola kemudian dikejar Messi untuk kemudian dengan mudah dimasukkan ke gawang yang sudah kosong.

Tendangan bebas Lionel Messi mengubah kedudukan jadi 3-0Tendangan bebas Lionel Messi mengubah kedudukan jadi 3-0 Foto: Reuters/John Sibley

MESSI Lagi! Barcelona kini unggul 3-0. Messi mengeksekusi tendangan bebas beberapa meter dari luar kotak penalti. Tendangan Messi tak terhentikan. Becker yang melompat ke sisi kanan tak sampai menjangkaunya, bola bersarang di pojok atas gawang.

Dua peluang beruntun terbuang! Liverpool nyaris menyimpan modal gol di menit 84, yang tak sampai mereka buat.

Tendangan Roberto Firmino dari dalam kotak penalti diblok dua bek Barca tepat di garis gawang. Sementara rebound Salah ke arah gawang yang sudah kosong malah mengenai mistar gawang.

Di periode injury time, Barcelona dua punya peluang emas menambah keunggulan yang terbuang begitu saja.

Yang pertama saat tendangan Dembele ketika tinggal berhadapan dengan Becker malah melayang tinggi di menit 90+5. Sementara semenit kemudian Dembele lagi-lagi gagal memanfaatkan kesempatan yang dipunya setelah tembakannya dari dalam kotak penalti malah mengarah tepat ke pelukan Becker.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen; Roberto (’90 Carles Alena), Pique, Lenglet, Alba; Busquets, Rakitic, Vidal; Messi, Coutinho (’60 Nelson Semedo), Suarez (’90 Ousmane Dembele)

Liverpool: Alisson; Gomez, Matip, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Milner (’84 Divock Origi), Wijnaldum (’78 Roberto Firmino); Keita (’24 ordan Henderson), Salah, Mane. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE