Jaksa ke Fahri Hamzah: Kenapa Anda Yakin Ratna Dianiaya?

Metrobatam, Jakarta – Tim jaksa penuntut menanyakan dasar keyakinan Fahri Hamzah soal kabar penganiayaan. Selain karena informasi yang diterima, Fahri Hamzah mengaku melihat foto Ratna Sarumpaet dengan wajah seperti lebam.

“Anda begitu yakin dengan melihat foto itu?” tanya jaksa kepada Fahri Hamzah dalam sidang lanjutan Ratna Sarumpaet di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Selasa (7/5).

Selain karena informasi yang diterima, Fahri Hamzah mengaku melihat foto Ratna Sarumpaet dengan wajah seperti lebam.

“Kan Anda nggak cek ke terdakwa?” timpal jaksa.

Bacaan Lainnya

“Saya kan berkontak-kontak, saya kebayang orang luka masa ditelepon. Itu informasi (yang diterima) sebelum ada pengakuan (Ratna), setelah ada pengakuan (Ratna), cukup,” jawab Fahri Hamzah.

Jaksa juga menanyakan reaksi keras Fahri Hamzah saat diwawancarai wartawan pada 2 Oktober 2018. Dalam tanya jawab dengan hakim, Fahri Hamzah sebelum mengaku bereaksi keras karena kabar penganiayaan Ratna Sarumpaet sebagai aktivis merupakan ancaman.

“Begitu kawan, sesama aktivis, beliau seniman, budayawan pembela HAM kritis, kita merespons,” kata Fahri.

Namun Fahri menjawab tidak tahu menahu soal kaitan Ratna Sarumpaet dengan parpol atau pun timses capres-cawapres

“Saya bukan timses, nggak tahu,” ujar Fahri.

Dalam persidangan, Fahri Hamzah menegaskan reaksi keras mengecam penganiayaan Ratna dan meminta aparat bergerak cepat karena Fahri ingin menjaga kebebasan berpendapat.

“Kami selalu beranggapan ancaman kepada kebebasan berpendapat, itu yang menjadi dasar sikap spontan saya. Tapi begitu Ratna (berbicara) ‘saya mohon maaf, saya salah, saya telah membohongi banyak orang’ menurut saya sudah selesai, nggak ada lagi urusan dengan orang lain,” ujar Ratna.

Dalam perkara ini, Ratna Sarumpaet didakwa membuat keonaran dengan menyebarkan kabar hoax penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang disebut penganiayaan. Padahal kondisi wajah Ratna disebut jaksa karena operasi plastik. (mb/detik)

Pos terkait