Jelang Musim Mudik, Pilot-Kru Pesawat di Kendari Jalani Tes Urine

Metrobatam, Kendari – Memasuki musim mudik jelang lebaran, seluruh alat transportasi diperiksa kelayakannya, namun tidak hanya sebatas itu tapi juga pilot dan kru yang bertanggung jawab atas penerbangan harus menjalani pemeriksaan tes urine.

Pemeriksaan tes urine ini dilakukan di Bandara Halu Oleo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (29/5/2019).

Read More

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra, Harmawati menuturkan jika tes urine yang dilakukan hari itu merupakan agenda rutin yang digekar BNNP jelang lebaran.

“Guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang memilih pesawat sebagai alat transportasi, sehingga tes urine ini perlu dilakukan untuk memeriksa kondisi pilot dan krunya,” tegasnya.

Langkah tersebut juga diambil untuk memastikan jika penerbangan dilakukan dalam kondisi aman dan tidak dibawah pengaruh obat terlarang.

Dalam tes yang dilakukan hari itu, sebanyak enam maskapai yang pilot dan krunya menjalani pemeriksaan, diantaranya ada Garuda dan Lion Air. Ditambahkannya sejauh ini belum ada yang positif menggunakan narkoba, namun jika ditemukan dipastikan langsung ditindak. (mb/detik)

Loading...

Related posts