Kalahkan Empoli, Inter Milan Lolos ke Liga Champions

Milan – Inter Milan akhirnya lolos ke Liga Champions musim depan. Melewati pertandingan yang dramatis kontra Empoli, Nerazzurri menang tipis 2-1.

Pada laga Serie A pekan ke-38 yang dihelat di Giuseppe Meazza, Senin (27/5/2019) dini hari WIB, Inter dan Empoli bermain imbang tanpa gol di babak pertama. ESPN mencatat Inter mampu membuat 28 attempts dengan 14 on goal, sementara Empoli bikin 12 attempts dengan empat on goal.

Read More

Tuan rumah membuka keunggulan berkat Keita Balde pada menit ke-51. Empoli sempat menyamakan skor lewat Hamed Junior Traore pada menit ke-76.

Kemenangan Inter dipastikan Radja Nainggolan pada menit ke-81. Tambahan tiga poin mempertahankan La Beneamata di posisi keempat klasemen dengan 69 poin, kalah head-to-head dengan Atalanta di posisi ketiga yang juga melaju ke Liga Champions.

Kekalahan ini membuat Empoli harus turun ke Serie B musim depan setelah finis posisi ke-18 dengan 38 poin. Poinnya sama dengan Genoa tapi kalah head-to-head.

Jalannya pertandingan

Butuh kemenangan untuk lolos ke Liga Champions, Inter bermain menyerang sejak menit awal dan tak memberikan Empoli kesempatan mengembangkan permainan. Pada menit keempat, peluang didapat Radja Nainggolan tapi sepakannya mengarah tepat ke pelukan Bartlomiej Dragowski.

Ivan Perisic giliran yang mengancam gawang Dragowski tapi kiper Empoli itu masih bisa menepis bola sepakan dari luar kotak penalti. Dua menit berselang Dragowski membuat dua penyelamatan gemilang.

Pertama dari dari sepakan tumit Matias Vecino yang bisa ditepisnya, dan bola rebound jatuh di jalur Danilo D’Ambrosio. Tapi, Dragowski juga bisa mengadang sundulan D’Ambrosio.

Dua menit berselang Mauro Icardi memberikan umpan dengan kepalanya ke Mateo Politano yang diteruskan sepakan first time, tapi masih melebar.

Icardi membuat peluang pada menit ke-22. Mendapat bola, Icardi memutar badan dan menembak kencang ke gawang meski melenceng dari sasaran.

Dragowski benar-benar jadi benteng buat Empoli. Pada menit ke-28, Dragowski susah payah menepis sepakan Marcelo Brozovic dari jarak 25 yard. Dari situ lahir sepak pojok yang dieksekusi Brozovic dan bola disundul Stefan de Vrij, yang lagi-lagi diadang Dragowski.

Empoli membuat pendukung Inter deg-degan ketika mendapat peluang emas di menit ke-31. Francesco Caputo lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Samir Handanovic, tapi bola tendangannya bisa diadang.

Di menit ke-33, Nainggolan mendapat ruang tembak di depan kotak penalti dan mengarahkan bola ke pojok atas gawang. Dragowski kembali bisa mengadangnya.

Semenit jelang turun minum, Dragowski membendung sepakan kaki kiri Kwadwo Asamoah dari luar kotak penalti. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Inter melakukan pergantian dengan memasukkan Keita Balde menggantikan Asamoah. Pergantian itu membuahkan hasil lima menit kemudian.

Balde memecah kebuntuan ketika dia melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti dan bersarang di pojok kanan gawang Dragowski. Inter memimpin 1-0 pada menit ke-51.

Inter berpeluang menambah gol ketika dihadiahi penalti pada menit ke-60 usai Icardi dijatuhkan di kotak penalti. Wasit sempat melihat VAR sebelum akhirnya penalti tetap diberikan. Tapi, sepakan Icardi berhasil dibendung Dragowski.

Kejadian inilah yang lantas membuat Empoli makin bersemangat menyamakan kedudukan dan mereka akhirnya bisa menyamakan skor pada menit ke-76. Diawali serangan di sisi kanan, Salih Ucan melakukan akselerasi dan melepaskan umpan tarik ke tiang jauh. Di sana ada Traore yang bebas menyontek bola ke gawang.

Kondisi ini membuat Inter sementara terlempar dari empat besar dan mereka harus menang untuk bisa lolos ke Liga Champions musim depan.

Nainggolan membuat publik tuan rumah bergemuruh pada menit ke-81 ketika dia membawa Inter unggul lagi 2-1. Berawal dari solo run Vecino yang diakhiri sepakan menyilang dan menerpa tiang, bola rebound langsung disambar Nainggolan ke gawang Dragowski.

Empoli terus berusaha menyerang pertahanan Inter dan mereka nyaris menyamakan skor pada menit ke-88 ketika Francesco Caputo mampu lepas dari kawalan bek-bek lawan. Sepakannya dari jarak dekat bisa dibendung Handanovic tapi bola melambung ke gawang kosong dan langsung disapu D’Ambrosio sebelum mengenai tiang.

Tapi, gol itu dianulir karena dalam prosesnya, Dragowski dilanggar Keita yang akhirnya mendapat kartu kuning keduanya. Empoli juga harus kehilangan Fabio Perucchini yang dikartumerah karena memprotes wasit terlalu keras

Empoli sempat mendapat peluang di menit akhir tapi Handanovic bisa menyelamatkannya. Inter menang 2-1 dan lolos ke Liga Champions musim depan.

Susunan pemain

Inter Milan: Handanovic; D’Ambrosio, De Vrij, Skriniar, Asamoah (Keita Balde 46′); Vecino, Brozovic; Politano, Nainggolan, Perisic (Dalbert 74′); Icardi (Martinez 71′)

Empoli: Dragowski; Maletta (Ucan 71′), Silvestre, Dell’Orco; Di Lorenzo, Acquah (Brighi 71′), Bennacer, Traoré, Pajac; Caputo, Farias. (mb/detik)

Loading...

Related posts