Kembang Api Akhiri Aksi May Day di Patung Kuda Jakarta

Metrobatam, Jakarta – Asap suar dan kembang api menandai berakhirnya peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2019 yang diselenggarakan Patung Arjuna Wijaya atau biasa disebut Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Rabu (1/5). Massa buruh dari berbagai serikat dan federasi itu pun mulai membubarkan diri sejak sekitar pukul 17.15 WIB.

“Untuk teman-teman, dengan ini kita sudahi aksi kita kali ini,” ujar salah seorang buruh dari atas mobil komando.

Read More

Massa pun terlihat membubarkan diri dengan tertib. Sebagian dari mereka berjalan kaki, namun ada juga yang menumpang mobil komando. Barisan bus juga sudah tampak menunggu dan siap untuk mengangkut massa buruh pulang.

Sebelumnya, ribuan berkumpul dan berorasi memperingati May Day di kawasan Patung Kuda. Namun, harapan dan upaya mereka agar dapat mereka untuk bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan tuntutan secara langsung batal terwujud lantaran tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

Sepanjang orasi, para buruh menuntut sejumlah hal. Poin utama yang menjadi fokus mereka adalah pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang telah digaungkan sejak May Day 2016 silam.

Mereka menilai peraturan itu merugikan buruh karena tidak ada pemerataan upah minimum bagi buruh.

Sejumlah masalah lain juga diserukan para buruh yang menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, antara lain penurunan harga bahan kebutuhan pokok, reformasi sistem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), penghentian kekerasan berbasis gender, serta pemberian hak-hak buruh perempuan.

Kemudian mereka juga menyerukan ratifikasi Konvensi ILO Nomor 183 tentang Perlindungan Maternitas, penindakan tegas pelaku usaha yang melanggar hak buruh, penolakan terhadap tenaga kerja asing (TKA) penganiaya buruh Indonesia, serta penghapusan sistem kerja kontrak outsourcing dan magang.

Begitu massa bubar, pasukan oranye langsung membersihkan sampah-sampah yang tertinggal di kawasan tersebut. Sejumlah petugas menyapu jalanan yang sebelumnya dipadati massa buruh.

Aparat keamanan gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol PP juga terlihat mulai meninggalkan kawasan Patung Kuda. Sebelumnya, mereka bertugas menjaga keamanan dan membuat barikade untuk menghalau massa buruh merangsek ke Jalan Medan Merdeka Barat untuk berorasi di depan Istana Negara. (mb/cnn indonesia)

Loading...

Related posts