London – Arsenal mengalahkan Valencia 3-1 dalam leg pertama semifinal Liga Europa. Alexandre Lacazette menyumbang dua gol dalam laga ini.

Bermain di Emirates Stadium, Jumat (3/5/2019) dinihari WIB, Arsenal tertinggal lebih dulu lewat gol Mouctar Diakhaby. Tapi, Meriam London berhasil menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 setelah Lacazette melesakkan dua gol.

Babak kedua minim peluang dari kedua tim, meski pertempuran sengit di area tengah lapangan.

Arsenal menuntaskan laga dengan kemenangan 3-1. Adalah Pierre-Emerick Aubameyang yang menjadi penutup gol di laga ini.

Dengan hasil ini, Valencia butuh kemenangan 2-0 di pertemuan kedua pekan depan. Di sisi lain, Arsenal cuma butuh minimal hasil imbang di Mestalla untuk bisa melangkah ke final.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung menekan di awal-awal laga. Matteo Guendouzi melepas umpan terobosan di menit kedua ke arah Lacazette. Mantan striker Lyon itu gagal mengontrol bola dengan baik setelah diadang dua pemain Valencia.

Valencia balik mengancam di menit kedelapan. Daniel Parejo mengirim umpan lambung ke sisi kiri area penalti Arsenal dari tendangan bebas. Rodrigo Moreno, yang berada di sektor tersebut, langsung melepas umpan tarik ke mulut gawang, namun bola operan matang tersebut gagal dituntaskan dengan sempurna oleh Garay, yang sontekannya melambung terlalu tinggi.

Valencia membuka keunggulan 1-0 di menit ke-11. Berawal dari sepak pojok yang dieksekusi Parejo, Rodrigo meneruskannya ke tiang jauh. Diakhaby tak membuang kesempatan dengan menyambar bola melalui sundulan.

Arsenal menyamakan skor di menit ke-18. Pierre-Emerick Aubamenyang lepas dari perangkap off-side dan langsung berlari ke kotak penalti Valencia. Striker asal Gabon itu berhasil mengecoh Neto, sebelum menyodorkan umpan matang ke Lacazette. Tanpa kesulitan dia menceploskan bola ke gawnag yang sudah kosong.

Meriam London berbalik unggul 2-1 di menit ke-25. Lacazettte sukses memanfaatkan umpan silang dari Granit Xhaka. Bola hasil sundulan sang ujung tombak sempat ditepis Neto dan membentur tiang, sebelum melewati garis gawang.

The Gunners hampir memperbesar keunggulan di menit ke-33. Aubameyang meneruskan umpan silang dari Xhaka melaui sepakan voli, namun bola masih melambung di atas mistar gawang. Tak ada gol tambahan hingga turun minum.

Valencia belum bisa mengembangkan permainan selama babak kedua berjalan 10 menit. Di sisi lain, Arsenal yang mengambil dominasi permainan kesulitan masuk ke dalam kotak penalti Valencia.

Arsenal baru bisa mengancam di menit ke-66. Tembakan Lacazette dari jarak dekat masih bisa ditepis Neto.

Valencia baru bisa benar-benar mengancam gawang Arsenal di menit ke-72. Tembakan Kevin Gameiro dari jarak dekat masih bisa ditepis Petr Cech.

Gameiro kembali mengancam di menit ke-81. Dia berhasil mengontrol bola dan melewati Koscielny untuk kemudian melepas tembakan voli yang masih melambung di atas gawang Arsenal.

Arsenal menuntaskan laga dengan kemenangan 3-1 di menit ke-90. Aubameyang melesakkan gol lewat tembakan first time dari jarak dekat. Mantan striker Bourssia Dortmund itu menyambut umpan silang Sead Kolasinac.

Susunan Pemain:

Arsenal: Petr Cech, Shkodran Mustafi, Laurent Koscielny, Sokratis Papastathopoulos; Ainsley Maitland-Niles, Matteo Guendouzi, Granit Xhaka, Sead Kolasinac; Mesut Ozil, Pierre-Emerick Aubamenyang, Alexandre Lacazette.

Valencia: Neto; Facundo Roncaglia, Mouctar Diakhaby, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Cristiano Piccini, Carlos Soler, Daniel Parejo, Goncalo Guedes; Rodrigo Moreno. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE