Metrobatam, Surabaya – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebut terjadi kenaikan suhu bumi hingga 3 derajat celcius. Namun, dia mengatakan kenaikan suhu bumi yang terjadi di Indonesia masih di bawah rata-rata dunia.

“Memang suhu bumi ada naik sampai 3 derajat. Tapi Indonesia masih di bawah rata-rata dunia yang sedang berkembang,” kata Siti Nurbaya usai menghadiri Working Dinner and Discussion on Policies on Environment and Forestry di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (3/5/2019).

Menurutnya, peningkatan suhu bumi di berbagai tempat sedang menjadi kekhawatiran negara-negara di dunia. Dia menyebut kekhawatiran itu memunculkan Paris Agreement yang salah satunya menyepakati untuk menurunkan suhu sampai 2 derajat.

“Itu memang yang dikhawatirkan. Oleh karena itu ada yang disebut Paris Agreement itu untuk menurunkan 2 derajat paling sedikit,” terangnya.

Siti menyebut berbagai kebijakan lingkungan hidup yang dijalankan oleh Indonesia bisa mengurangi kenaikan suhu bumi. Dia menilai Indonesia bisa menekan kenaikan suhu hingga 1,5 derajat celcius.

“Kalau saya lihat Indonesia dengan kebijakan yang ada apakah di sektor kehutanan dan di sektor energi itu, menurut saya sih memungkinkan untuk kita mengecilkan kenaikannya itu sampai 1,5 derajat. Jadi Indonesia optimislah,” pungkasnya. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE