Pekerja China Tewas Jatuh ke Lubang Tambang Emas Gorontalo

Metrobatam, Jakarta – Satu orang penambang Warga Negara Asing (WNA) asal China, Yang Hechuan (30), ditemukan tewas setelah terjatuh ke dalam lubang tambang emas, di Desa Ilangata, Gorontalo. Satu orang rekannya, Muslim Blonkot (29), saat ini dalam kondisi kritis.

Insiden itu terjadi pada Minggu (12/5) pukul 20.00 Wita, diduga akibat keduanya kekurangan oksigen di kedalaman 20 meter.

Keduanya langsung dilarikan ke Puskesmas setempat, kemudian di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainal Umar Siddiki, di pusat ibu kota kabupaten tersebut.

“Satu korban saat tiba di rumah sakit, sudah dalam kondisi meninggal dunia dan satu orang lagi dalam kondisi kritis,” ujar Angga Wijaya, anggota tim dokter di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD yang ada di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang, Gorontali itu, dikutip dari Antara, Senin (14/5).

Bacaan Lainnya

Namun, Angga mengaku belum bisa menyimpulkan penyebab meninggalnya Yang Hechuan, yang bertempat tinggal di Desa Ilangata, Kecamatan Anggrek, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, itu.

Korban meninggal tetap dirujuk dan akan dititipkan di kamar jenazah RS Aloe Saboe, menunggu penjemputan pihak keluarga.

Satu penambang lainnya yang dalam kondisi kritis, Muslim, sudah dirujuk ke Rumah Sakit Aloe Saboe Kota Gorontalo untuk penanganan lebih lanjut pada Senin (13/5) 00.45 Wita.

Warga setempat, Yulianti Amir (30), mengaku menerima kabar bahwa kedua korban terjatuh ke dalam lubang tambang emas Ilangata. Warga dan pihak keluarga, lanjutnya, berupaya mengeluarkan mereka dari dalam lubang dan langsung melarikannya ke rumah sakit setelah sempat ditangani pihak Puskesmas. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait