Perolehan Suara GKR Hemas Lampaui Prabowo-Sandiaga di Yogyakarta

Metrobatam, Yogyakarta – Rekapitulasi Pemilu 2019 di tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah disahkan pada Sabtu (11/5) malam. Perolehan suara calon DPD RI, GKR Hemas melampaui suara dari paslon capres 02, Prabowo-Sandiaga Uno.

Pantauan detikcom pada layar proyektor yang menampilkan model DC 1 DPD RI di ruang Yudhistira Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Sabtu (11/5) GKR Hemas memperoleh suara tertinggi dari caleg DPD RI lainnya dengan mengantongi 984.234 suara.

Sedangkan berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pilpres 2019, pasangan 02 Prabowo-Sandiaga memperoleh 742.481 suara.

Tampak suara yang diperoleh GKR Hemas lebih tinggi dari perolehan suara Prabowo-Sandiaga dengan selisih 241.753 suara.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa dengan disahkannya DC I DPD RI DIY, maka rekapitulasi tingkat provinsi DIY telah rampung. Hamdan mengatakan bahwa tak ada hambatan berarti dalam proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di DIY.

“Untuk yang walk out tidak ada, kalau cuma keberatan biasa ya, karena selalu ada keberatan di banyak tempat. Jadi rekapitulisasi tingkat provinsi ini so far so good dan jalannya dinamis,” kata Hamdan.

Lanjut Hamdan, setelah rekapitulisasi tingkat provinsi selesai, selanjutnya KPU akan membawa berkas rekapitulisasi tersebut ke KPU RI untuk diikutsertakan dalam rekapitulisasi nasional. Bahkan, KPU DIY telah mendapat jadwal penyerahan berkas tersebut.

Selain itu, menurut data dari lima kabupaten/kota di DIY, angka partisipasi pada Pemilu 219 di provinsi ini mencapai di atas 82 persen. Hamdan menilai tingginya angka partisipasi ini karena Pemilu diadakan secara serentak. (mb/detik)

Pos terkait