Sebelum Terbakar Hebat, Pesawat Sukhoi Rusia Tersambar Petir

Moskow – Musibah terbakarnya pesawat jenis Sukhoi Superjet 100 milik maskapai Rusia, Aeroflot, dilaporkan terjadi saat cuaca buruk. Salah satu penumpang yang selamat menyebut pesawat sempat disambar oleh petir sebelum terbakar hebat.

“Kami lepas landas dan kemudian petir menyambar pesawat,” tutur Pyotr Egorov, salah satu penumpang yang selamat, kepada surat kabar setempat Komsomolskaya Pravda, seperti dilansir Reuters, Senin (6/5/2019).

“Pesawat terbang kembali dan terjadi pendaratan keras. Kami sangat takut, kami nyaris hilang kesadaran,” imbuhnya.

“Pesawat sedikit melompat saat menyentuh landasan seperti belalang dan kemudian terbakar di daratan,” terang Egorov.

Bacaan Lainnya

Insiden ini terjadi saat pesawat yang membawa 78 orang ini baru saja lepas landas dari Moskow menuju kota Murmansk, Rusia bagian utara pada Minggu (5/5) waktu setempat. Rekaman video yang ditayangkan televisi setempat menunjukkan pesawat sedikit memantul saat melakukan pendaratan darurat di Bandara Sheremetyevo.

Bagian ekor pesawat dengan nomor penerbangan SU 1492 ini tiba-tiba terbakar saat pendaratan darurat dilakukan. Para penumpang berusaha menyelamatkan diri melalui seluncuran darurat yang mengembang setelah pendaratan keras terjadi.

Juru bicara Komisi Investigasi Rusia, Svetlana Petrenko, menyatakan hanya 37 orang yang selamat dalam insiden ini. Sekitar 41 orang lainnya meninggal dunia.

Laporan kantor berita Interfax yang mengutip seorang sumber menyebut proses evakuasi pesawat terhambat oleh beberapa penumpang yang bersikeras membawa serta barang bawaan mereka. Para korban luka saat ini tengah menjalani perawatan medis di rumah sakit setempat.

Penyebab musibah ini belum diketahui pasti. Komisi Investigasi Rusia tengah melakukan penyelidikan menyeluruh dan mencari tahu apakah pilot pesawat telah melanggar aturan keselamatan penerbangan.

Putin Perintahkan Penyelidikan

Presiden Rusia, Vladimir Putin memerintahkan penyelidikan menyeluruh atas insiden terbakarnya pesawat Sukhoi Superjet 100 milik maskapai Aeoroflot di Moskow. Putin meminta agar penyebab insiden yang menewaskan 41 orang itu segera ditemukan.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Senin (6/5/2019), Putin telah mendapatkan laporan soal insiden yang melanda pesawat yang membawa 78 orang tersebut. Sekitar 41 orang dinyatakan tewas dan 37 orang lainnya berhasil selamat dalam insiden yang terjadi Minggu (5/5) waktu setempat.

Putin menyampaikan belasungkawa untuk para korban dan memerintahkan para penyidik untuk mencari tahu penyebab insiden tersebut.

“Seluruh instruksi telah diberikan untuk melakukan penyelidikan paling menyeluruh, perintah untuk mencari tahu penyebab kecelakaan ini,” ucap juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada kantor berita TASS, merujuk pada instruksi yang diberikan Putin.

Diketahui bahwa Komisi Investigasi Rusia menyatakan pihaknya tengah melakukan penyelidikan menyeluruh dan tengah mencari tahu apakah pilot pesawat telah melanggar aturan keselamatan penerbangan.

Dalam insiden ini, pesawat Aeroflot dengan nomor penerbangan SU 1492 ini diketahui baru saja lepas landas untuk terbang dari Moskow menuju Murmansk. Laporan awal seperti dilansir CNN menyebut bahwa muncul api di dalam pesawat sehingga pilot memutuskan terbang kembali ke Bandara Sheremetyevo, Moskow. Sedangkan laporan kantor berita Rusia, Interfax, menyebut pesawat mengalami ‘putus komunikasi’ setelah tersambar petir saat mengudara.

Situs pemantau penerbangan, Flightradar24, menunjukkan bahwa pesawat terbang memutari Moskow sebanyak dua kali sebelum mendarat darurat setelah mengudara selama 30 menit. Saat pesawat melakukan hard landing di bandara tersebut, bagian ekor pesawat tiba-tiba terbakar hebat.

Seorang sumber yang dikutip Interfax mengatakan, bahwa pesawat berhasil mendarat darurat pada percobaan kedua. Menurut sumber tersebut, sistem penerbangan pada pesawat mengalami kegagalan. (mb/detik)

Pos terkait