Zurich – FIFA memutuskan Piala Dunia 2022 di Qatar tetap akan diikuti 32 tim. Rencana pengembangan jumlah peserta menjadi 48 negara untuk sementara dibatalkan.

Wacana untuk mengembangkan jumlah peserta Piala Dunia sebenarnya baru akan dilakukan pada edisi 2026. Tapi tahun lalu Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyebut rencana itu bisa dimajukan ke Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan di Qatar.

Penambahan 16 negara kontestan baru membuat Qatar harus merangkul negara lain untuk menjadi tuan rumah bersama.

Namun, sebagaimana dikutip dari BBC, FIFA akhirnya membatalkan rencana tersebut dengan alasan waktu yang terlalu singkat.

“Setelah melalui proses konsultasi yang panjang dan komprehensif, perubahan itu tak bisa dilakukan sekarang,” demikian pernyataan resmi FIFA.

Rencana penambahan jumlah peserta Piala Dunia 2022 menjadi 48 negara sebelumnya juga dapat kritik dari Presiden UEFA, Aleksander Caferin. Menurutnya akan ada banyak masalah muncul jika langkah tersebut diambil, dan penambahan itu dinilainya tidak realistis.

“Karena itulah, Piala Dunia 2022 di Qatar akan tetap seperti yang sejak semula direncanakan dengan 32 tim. Tidak akan ada proposal baru diajukan dalam kongres FIFA berikutnya di 5 Juni,” lanjut pernyataan FIFA tersebut. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...