Hary Tanoesudibjo Beli Rumah Mewah Donald Trump Rp193 M

Metrobatam, Jakarta – Pemilik Grup MNC Hary Tanoesudibjo (HT) mengaku telah membeli salah satu properti mewah milik Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berupa rumah mewah di Baverly Hills, California, AS.

Hary Tanoe mengatakan pembelian tersebut dilakukan melalui perusahaan pribadinya, Hillcrest Asia Limited. Ia menuturkan transaksi tersebut sudah selesai dilakukan.

“Benar (membeli properti dari Donald Trump), melalui perusahaan pribadi saya, Hillcrest Asia Limited,” kata Hary Tanoe kepada CNNIndonesia.com, Selasa (18/6).

Namun, pengusaha HT itu tidak merinci waktu penyelesaian transaksi pembelian rumah tersebut. Ia hanya mengatakan sumber dana pembelian properti tersebut berasal dari kantong pribadinya.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya rumah mewah tersebut akan menjadi investasi pribadinya. “Ya tentu dengan sendirinya (uang pribadi),” imbuhnya.

Informasi mengenai pembelian Donald Trump oleh HT pertama kali mencuat dari berita Washingtonpost. Surat kabar tersebut memberitakan bahwa perusahaan milik Donald Trump dikabarkan menjual salah satu propertinya berbentuk rumah mewah di Baverly Hills kepada pemilik Hary Tanoe.

Sebuah akta yang terdaftar di kantor pemerintahan bagian Los Angeles pada 31 Mei menunjukkan Putra Tertua Trump, Donald Trump Junior menandatangani properti tersebut melalui Hilcrest Asia Ltd., sebuah perusahaan yang terdaftar di Kepulauan Virginia Britania Raya.

Sementara alamat pembeli yang tercantum dalam akta tersebut adalah kondominium Beverly Hills yang dimiliki oleh perusahaan milik pengusaha Indonesia itu.

Harga penjualan rumah sebesar US$13,5 juta atau Rp193 miliar (asumsi rupiah Rp14.300 per Dolar AS), hampir dua kali lipat dari yang dibayarkan Trump saat rumah tersebut dibeli pada 2007. Berdasarkan data Badan Pertanahan wilayah Los Angeles, Trump membeli rumah tersebut seharga US$7 juta pada 2017.

Sementara tahun lalu, harga rumah mewah tersebut bernilai sekitar US$8,3 juta. Hary Tanoe adalah mitra bisnis Trump pada dua proyek di Indonesia, yakni resor di Bali dan lapangan Golf serta resor di hutan Jawa Barat. Kedua proyek diperkirakan bernilai lebih dari US$500 juta. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait