Dibalik Cerita DKI Batalkan Pengajian Felix Siauw dan Tak Jadi Undang Muslimah HTI

Metrobatam, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta membatalkan kajian Ustaz Felix Siauw di Masjid Balai Kota. Sebelumnya, Pemprov DKI lebih dahulu membatalkan undangan yang diajukan ke Muslimah HTI.

Berikut rangkumannya

Dua pekan lalu, beredar surat undangan rapat dari Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta. Rapat sedianya akan membahas konten poster antikekerasan terhadap perempuan dan anak, Jumat (14/6).

Terdapat tanda tangan Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta Tuty Kusumawati dalam surat tersebut. Organisasi Muslimah HTI dan Indonesia Tanpa Feminis ikut diundang dalam rapat tersebut. Mahkamah Agung (MA) telah menolak kasasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Ormas itu kini sah dicap sebagai organisasi terlarang.

Bacaan Lainnya

Pada akhirnya, Pemprov DKI membatalkan undangan rapat yang sempat mengundang Muslimah HTI. Pembatalan dilakukan karena undangan yang tersebar di media sosial tersebut menuai protes.

“Dikarenakan adanya yang mengkritisi terkait dua organisasi (Muslimah HTI dan Indonesia Tanpa Feminis) yang terundang tersebut. Maka kami membatalkan kegiatan rapat tersebut,” kata Plt Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri melalui pesan singkat, Kamis (13/6/2019).

Kepala DPPAPP DKI Jakarta Tuty Kusumawatu mengakui ada kesalahan karena menyertakan Muslimah HTI dalam undangan. Tuty mengakui bahwa dia tidak teliti saat menandatangani undangan itu. Menurutnya, undangan tersebut sudah diperiksa oleh jajarannya.

“Kami akui ada kesalahan. Saya juga tidak melihat secara detail daftar undangan saat menandatangani. Sebab, sudah melalui pemeriksaan Plt. Kabid dan Sekretaris Dinas,” kata Tuty dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2019).

Pada akhirnya, pembuat surat undangan tersebut mendapat sanksi berupa teguran tertulis. Sementara itu, Tuty sebagai atasannya lolos dari sanksi.

Kajian Felix Siauw

Informasi soal kajian Felix Siau ini awalnya diunggah di akun resmi Masjid Fatahillah Balaikota DKI, Selasa (25/6/2019). Kajian itu rencananya diadakan pada esok hari, Rabu (26/6) pukul 11.45 WIB. Kabar soal agenda kajian Felix Siauw di Masjid Balai Kota DKI ini lalu ramai dibahas di media sosial.

Poster kajian Felix Siauw ini juga dipasang di papan informasi Masjid Fatahillah Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Tapi saat dicek pada pukul 15.55 WIB, poster di papan informasi itu sudah dicopot. Poster yang sama juga sudah dihapus dari Instagram Masjid Balai Kota.

“Sudah kita batalin, dibatalin,” kata Kepala Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Provinsi DKI Jakarta Amiruddin saat dihubungi.

Cerita DKI Batalkan Pengajian Felix Siauw dan Tak Jadi Undang Muslimah HTIFoto: Poster kajian Felix Siauw di Masjid Balai Kota DKI (Arief/detikcom)

Dia tidak menyebutkan alasannya. Pembatalan ini dilakukan atas instruksi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir. Chaidir mengatakan pembatalan itu terkait masalah jadwal.

“Alasannya ada penundaan waktu yang lebih baik,” kata Chaidir saat dihubungi, Selasa (25/6/2019).

Saat dipastikan apakah kajian ini ditunda atau dibatalkan, Chaidir mengatakan jadwalnya masih harus diatur lagi. Dia menyebut jadwal kajian Felix Siauw itu adalah jadwal lama.

“Ya pokoknya kita batalkan. Jadwalnya schedule lagi. Itu kan jadwal lama. Nah jadwalnya kita harus cocokin lagi. Acaranya pun kemungkinan dibatalkan dengan waktu dan schedule kita nunggu lebih lanjut,” ungkapnya.

Chaidir mengatakan undangan ke Felix Siauw itu tidak dikomunikasikan dengan BKD DKI. Tapi, dia menegaskan bahwa itu merupakan jadwal lama.

“Enggak, sudah jadwal lama. Memang dia dari dulu-dulu sudah ada jadwalnya. Enggak ada apa-apa kok,” ucap Chaidir. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *