Calon Jemaah Haji Tertua di Sulsel 102 Tahun, Termuda 17 Tahun

Metrobatam, Makassar – Ribuan calon jemaah haji embarkasi Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai bersiap untuk melaksanakan ibadah haji. Dari ribuan calon ini, terdapat seorang nenek berusia 102 tahun yang akan berangkat ke tanah suci.

Berdasarkan catatan Kementerian Agama Sulsel, calon jemaah itu bernama A Sitti Amase Parawangi Senge, wanita asal desa Lanca, Kabupaten Bone, Sulsel. Nenek itu menjadi jemaah tertua di Sulsel.

“Dia (Sitti) lahir 1 Juli tahun 1917,” kata Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, Solihin di Makassar, Sulsel, Kamis (20/6/2019).

Menurut Solihin, Sitti masuk dalam ketegori lanjut usia prioritas. Nantinya, Sitti akan didampingi oleh keluarga untuk membantu selama menjalan ibadah haji di tanah suci.

Bacaan Lainnya

“Jemaah haji tertua asal Bone ini akan didampingi anak kandungnya bernama Kamaludding Salanra Padu,” ujarnya.

Selain itu, petugas haji juga akan ikut mengawasi dan membantu Sitti selama berada di Makkah.

Sementara, calon jemaah haji termuda berasal dari Luwu Utara, Sulsel. Calon jemaah haji itu bernama Putri Lakoding Nemmi yang berusia 17 tahun. Putri mendapatkan pengecualian berangkat haji meski syarat usia yang dapat berangkat adalah 18 tahun.

“Dia dapat pengecualian karena sudah menikah,” kata Solihin. (mb/detik)

Pos terkait