Copa America 2019 : Brasil ke Perempat Final Setelah Kalah Peru 5-0

Timnas Brasil. REUTERS/Henry Romero

Metrobatam.com, Sao Paulo – Tim nasional Brasil melangkah ke perempat final Copa America 2019 setelah menggasak Peru 5-0 dalam laga pamungkas penyisihan Grup A di Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo, Minggu dini hari WIB.

Casemiro, Roberto Firmino, Everton, Dani Alves dan Willian mencetak masing-masing satu gol dalam kemenangan Brasil ini, demikian catatan laman resmi turnamen.

Kemenangan itu memastikan Brasil menempati puncak klasemen Grup A dengan koleksi tujuh poin, sedangkan Peru (4) berada di posisi ketiga lantaran Venezuela (5) menang atas Bolivia (0) di laga lain.

Brasil dan Venezuela dipastikan lolos ke perempat final sebagai juara dan runner-up Grup A, sedangkan Peru masih berkesempatan melangkah sebagai salah satu dari dua tm peringkat ketiga terbaik.

Bacaan Lainnya

Tim Samba tampil mendominasi pertandingan sejak tendangan mula dan membuka keunggulan pada menit ke-12 lewat situasi sepak pojok.

Marquinhos awalnya berhasil menyambut sepak pojok, namun sundulannya membentur mistar gawang. Bola pantul berhasil disambar Casemiro dengan tandukan tajam untuk membawa Brasil unggul.

Brasil tak membutuhkan waktu lama untuk menggandakan keunggulan. Hanya tujuh menit setelah gol pertama, Brasil  memaksa kiper Pedro Gallese berada dalam situasi tertekan.

Gallese berusaha menyapu bola, namun tendangannya malah membentur badan Firmino dan mengenai tiang gawang sebelum jatuh di kaki penyerang Liverpool itu. Firmino lantas mengecoh Gallese dan menyarangkan bola tanpa melihat ke gawang.

Pada menit ke-32, Brasil yang terus menguasai jalannya laga memperbesar keunggulan lagi menjadi 3-0 lewat aksi Everton yang melakukan tusukan dan melepasan tembakan dari tepian kotak penalti yang menaklukkan Gallese di area tiang dekat.

Usai unggul tiga gol tanpa balas di babak pertama, Brasil tak mengendurkan serangan mereka dan hanya butuh delapan menit di babak kedua untuk mencetak gol lagi lewat sang kapten Dani Alves yang melepaskan tembakan keras tak terbendung Gallese.

Peru sepertinya tidak akan kalah dengan selisih gol lebih telat, namun tepat pada menit ke-90 Willian menambah keunggulan Brasil lagi lewat tembakan melengkungnya.

Brasil bahkan sempat memperoleh kesempatan untuk memperbesar lagi kemenangan saat mendapatkan hadiah tendangan penalti usai Gabriel Jesus dijatuhkan Gallese pada masa injury time, namun eksekusi penalti penyerang Manchester City itu lurus ke arah kiper dan skor 5-0 tak berubah.

Susunan pemain:
Peru 
(4-1-4-1): Pedro Gallese; Luis Advíncula, Miguel Araujo, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia; Andy Polo, Christian Cueva (Josepmir Ballon), Yoshimar Yotun (Edison Flores), Jefferson Farfan; Paolo Guerrero (Christofer Gonzales)
Pelatih: Ricardo Gareca

Brazil (4-2-3-1): Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis (Alex Sandro); Arthur, Casemiro (Allan); Gabriel Jesus, Philippe Coutinho (Willian), Everton; Roberto Firmino
Pelatih: Tite.

(antara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *