Cuti Bersama, Beberapa FKTP di Batam yang Kerjasama dengan BPJS Kesehatan Tetap Buka

Metrobatam.com, Batam – Demi memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan, hampir seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tetap buka di cuti bersama Idul Fitri 1440 H. Adapun jadwal cuti bersama libur lebaran tahun ini adalah 3, 4, dan 7 Juni 2019.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Batam, Asfurina mengatakan pelayanan diberikan dengan jam kerja terbatas.

“Biasanya minimal 8 jam, tapi untuk libur lebaran jadi 4-5 jam saja,” ungkap Asfurina melalui siaran pers, Senin (3/6).

Namun ada beberapa klinik yang buka seperti biasa pada cuti bersama tersebut. Yaitu Alam Sehat Grup, Casa Medica Grup, danKimia Farma Grup.

Jadi bagi peserta JKN-KIS yang terdaftar di klinik tersebut tidak perlu khawatir karena jam operasionalnya tidak mengalami perubahan,” ujarnya.

Sementara untuk di hari H Idul Fitri, 5-6 Juni, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), tidak perlu khawatir. Karena FKTP Puskesmas di seluruh wilayah Kota Batam tetap memberikan pelayanan.

“Lebih kurang ada 19 Puskesmas yang memiliki Instalasi Gawat Darurat yang buka 24 jam,” tuturnya.

Selain IGD puskesmas yang buka selama 24 jam, Kimia Farma Grup juga memastikan akan ada tiga klinik yang tetap buka pada tanggal 5 dan 6 Juni. Yakni Klinik Kimia Farma Kampung Utama, Kimia Farma Panbil, dan Kimia Farma Aviari.

Pelayanan di faskes tersebut tidak hanya terbatas bagi peserta JKN-KIS di Kota Batam. Tapi juga bagi peserta JKN-KIS yangdatang dari luar wilayah Kota Batam.

“Untuk peserta yang di luar domisili atau dari luar daerah, tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menunjukkan KIS atau kartu pesertanya,” kata dia. (mb/mcb)

Related posts