Ini 4 Cara Jitu Bebaskan Diri dari Jerat Utang

Ilustrasi ( Foto : Net)

Metrobatam.com, (MB) – Utang sudah menjadi masalah keuangan yang umum dijumpai masyarakat. Faktor penyebabnya bisa karena beberapa situasi, seperti pendapatan yang tidak bisa mencukupi kebutuhan, membutuhkan tambahan untuk modal bisnis, atau sekadar memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Apapun penyebabnya, siapa saja yang memiliki utang pasti memiliki keinginan untuk segera melunasinya. Terlebih lagi jika bunga yang dibebankan cukup tinggi serta tagihannya yang besar. Pasti rasanya ingin segera melunasi.

Read More

Namun, untuk segera membebaskan diri dari utang, Anda perlu membuat rencana dan beberapa perubahan kebiasaan dalam gaya hidup. Alasannya, karena punya kewajiban bayar pinjaman, mau tak mau harus berkorban dan perlu dilakukan secara berkelanjutan hingga utang bisa segera lunas.
Karena utang adalah salah satu beban dalam masalah keuangan, diperlukan usaha yang gigih agar bisa segera melunasinya. Ketika sudah lunas, selain merasa lega, keuangan akan menjadi lebih tertata untuk kedepannya.

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk bisa segera terbebas dari jeratan utang, berikut ini beberapa tips untuk mempermudah upaya pelunasan pinjaman tersebut seperti dikutip dari Cermati.com, pada Sabtu 22 Juni 2019:

1. Ubah kegiatan dan kebiasaan yang bikin boros

Menekan angka pengeluaran dapat dilakukan dengan mengubah beberapa kegiatan dan kebiasaan, seperti bepergian jarak dekat mengendarai sepeda atau jalan kaki, karena tak memerlukan bahan bakar dan bisa mengurangi pengeluaran.

Dengan demikian, Anda sudah bisa menyisihkan sekian rupiah untuk mencicil utang. Selain agar pengeluaran semakin berkurang, dengan memiliki kebiasaan baru yang lebih baik, Anda tentu juga akan mendapatkan dampak positif di luar aspek finansial.

2. Ubah daftar pengeluaran dengan membuang yang tak perlu

Mempercepat pelunasan utang dapat dilakukan dengan mulai dari mengurangi
pengeluaran. Anda perlu meninjau kembali daftar pengeluaran rutin, dan tentukan beberapa poin yang bisa dieliminasi, atau dicari alternatifnya.

Jika Anda mencantumkan anggaran untuk keperluan hiburan dalam daftar pengeluaran seperti spa, menonton di bioskop, atau berbelanja untuk menyenangkan diri, Anda bisa mencoba untuk mulai mengurangi frekuensinya.

Kemudian Anda bisa memikirkan hiburan lainnya yang dapat dilakukan dengan biaya lebih rendah, atau bahkan yang gratis. Semakin kecil pengeluaran, tentu semakin banyak juga dana yang bisa Anda gunakan untuk melunasi utang.

3. Masuk dalam lingkaran kehidupan sosial yang sehat

Lingkaran sosial yang sehat dapat dilihat dari hal-hal positif yang terdapat di dalamnya. Salah satunya yaitu gaya hidup hemat. Sahabat bisa memberikan pengaruh pada sifat atau perilaku Anda.

Apabila Anda masuk sebuah lingkaran pertemanan di mana orang-orang yang tergabung di dalamnya mempunyai gaya hidup tinggi, disadari atau tidak, lama-kelamaan Anda juga bisa bersikap seperti mereka.

Ketika berfoya-foya telah menjadi kebiasaan, rasanya tidak mungkin untuk bisa melunasi utang dengan cepat, bukan?

Jika Anda sudah terlanjur masuk dalam lingkungan pertemanan yang kurang sehat, tidak ada kata terlambat untuk keluar dari zona tersebut. Temukan teman atau sosok panutan yang memiliki gaya hidup hemat, agar Anda bisa mendapat pengaruh positifnya.

4. Cari pemasukan tambahan dari pekerjaan atau bisnis sampingan

Cara yang efektif untuk mempercepat lunasnya utang yaitu mencari tambahan uang dengan memanfaatkan waktu luang untuk bekerja sampingan. Anda bisa mencari pekerjaan dengan jam kerja yang fleksibel, seperti menjadi driver ojek atau taksi online, menjadi pekerja lepas, atau menjadi seorang reseller.

Mengubah hobi atau bakat yang Anda miliki menjadi uang juga memberikan peluang agar utang bisa cepat tertutup. Misalnya, jika Anda memiliki minat di bidang kuliner, cobalah menjual makanan yang menarik, dan pasarkan secara online.

(Viva.co.id)

   
Loading...

Related posts