Ini Beberapa Penyakit Jika Helm Jarang Dicuci

Metrobatam.com, (Mb) – Helm merupakan perangkat berkendara yang akrab bagi para biker. Helm merupakan alat keamanan yang dipakai untuk melindungi bagian kepala. Karena besarnya fungsi atau manfaat dari perangkat ini, kepolisian pun mewajibkan bagi para pengendara untuk terus digunakan setiap berkendara.

Namun, ada hal yang kerap diabaikan para biker yang selalu menggunakan helm, yakni soal kebersihannya. Padahal, helm yang jarang dibersihkan rentan menyebarkan penyakit bagi para penggunanya.

Read More

Seperti dilansir Motoriders, lembab dan bau akibat endapan keringat di lapisan dalam helm bisa mengundang bakteri untuk bersarang. Jika itu sudah terjadi, bakteri dan jamur yang berkembang akan menyebabkan penyakit kulit.

Beberapa penyakit yang akan timbul di antaranya ialah gatal-gatal di kulit kepala, munculnya ketombe, jerawat dan bisul, kurap, panu, dan penyakit kulit lainnya.

Maka itu, disarankan bagi para pengendara roda dua untuk selalu membersihkan helm di setiap ada kesempatan luang. Baik dibersihkan di laundry khusus helm, maupun membersihkannya sendiri.

Jika membersihkan sendiri, pastikan helm sering dijemur di bawah teriknya matahari. Sebab, sinar ultra violet matahari disebut mampu menetralisir bau keringat.

Cara bersihkan helm

Membersihkan helm tak sekadar dibersihkan dari debu pakai lap atau kemoceng saja. Kalau ada waktu bisa juga dicuci. Tak sekadar disiram air lalu dikeringkan, namun ada langkah-langkahnya juga.

Rata-rata helm saat ini bisa dibongkar-pasang busa dan visornya. Jadi langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah melepas visor dan busa padding helmnya. Siapkan wadah yang lebih besar dari helm. Masukan helm Anda ke dalam wadah tersebut dan rendam di dalam air yang sudah diberi sabun.

Untuk paddingnya, harus direndam di tempat terpisah. Anda dapat menggunakan sabun yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian. Bisa juga ditambahkan pelembut dan pewangi pakaian biar helm terasa lebih lembut dan wangi.

Terakhir visornya. Simpel saja, bilas visor dengan air, lalu gunakan sabun pencuci piring untuk membuat visor jadi mengkilap dan tidak kesat. Selesai itu dibilas dan dikeringkan.

Setelah semua bagian helm kering, Anda bisa merakit kembali helmnya jadi satu lagi. Dijamin akan terasa beda, seperti pakai helm baru.

(Mb/Viva)

   
Loading...

Related posts