Keren! Penduduk Wilayah Ini Punya Layanan Antar Makan Via Drone

Metrobatam, Jakarta – Pesan makan diantar ojek online atau layanan antar dari restoran sudah biasa. Penduduk wilayah ini sekarang punya layanan antar makan eksklusif via drone!

Rencananya akhir Juni 2019, penduduk di wilayah Cyberjaya, Malaysia bisa memanfaatkan layanan antar makan via drone. Kota di Selangor ini didukung oleh Average Drone yang sudah berkecimpung dalam industri drone di Malaysia sejak 2014.

Read More

Dikutip dari World of Buzz (19/6), Hamdee Hamdan selaku Executive Officer Average Drone mengatakan hanya butuh 12 menit bagi drone untuk mengantarkan makanan pesanan pembeli. Pihaknya akan bekerja sama dengan Futurise, sebuah perusahaan yang diatur Cyberview yang merupakan anak perusahaan di bawah Kementerian Keuangan Malaysia.

Hamdee menjelaskan akan ada 3 bulan masa percobaan layanan antar makanan via drone. Ia menambahkan drone hanya akan mengirim makanan dalam jarak 2 kilometer dari bangunan Futurise di Cyberjaya. Jenis makanan yang tersedia pun masih terbatas.

Beberapa makanan itu antara lain nasi, mie, burger, sandwich, kue atau kuih khas Malaysia, dan buah-buahan. “Ini hanya percobaan dan setelah 3 bulan, kita akan lihat bagaimana hal ini berjalan dan menambahkan lebih banyak makanan dalam menu,” tutur Hamdee.

Prosedur pemesanan makanan akan dilakukan via aplikasi mobile yang sudah masuk tahap pengembangan akhir. Nantinya pembeli cukup melakukan pemesanan makanan di aplikasi itu. Pembeli akan dikenakan tarif pengantaran via drone sebesar RM 2.50 atau sekitar Rp 8.500 per perjalanan.

“Ini bukan soal harga, tapi juga waktu karena banyak yang menginginkan pengiriman cepat. Kami telah mengembangkan drone sehingga bisa diterbangkan dalam hujan, tetapi tidak dalam situasi ketika hujan deras,” tambah Hamdee.

Drone yang beroperasi rencananya sebanyak 6 buah. Mereka bernaung dalam nama “Express Food” yang mampu membawa makanan dalam berat maksimal 800 gram. Ke depannya Hamdee berencana membuat drone yang bisa mengakomodasi berat makanan sampai 3 kilo gram!

Sebelumnya Australia juga sudah punya layanan canggih serupa yang difasilitasi perusahaan Google, Alphabet Inc. Layanan ini diluncurkan usai melalui masa percobaan selama 18 bulan. Uji coba itu dilakukan untuk pengiriman aneka makanan dan minuman, obat-obatan hingga kopi dan cokelat.

Drone pengantar makanan ini akan dioperasikan di 100 rumah yang memenuhi syarat yang ada di pinggiran kota Crace, Palmerston dan Franklin di Canberra dalam beberapa minggu mendatang. Setelahnya Wing akan melebarkan layanan antar makanan ini ke wilayah Harrison dan Gungahlin. (mb/detik)

Loading...

Related posts