Maverick Vinales Asapi Marquez dan Quartararo di MotoGP Belanda 2019

Metrobatam.com, Belanda – Duel seru tercipta di MotoGP Belanda 2019 antara Maverick Vinales dan Marc Marquez. Vinales akhirnya menang usai menaklukkan Marquez.

Pada balapan di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2019) malam WIB, Vinales jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis usai mengalahkan Marquez dalam perburuan juara di seri ini.

Read More

Berada di podium terakhir adalah pebalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, yang finis posisi ketiga. Melengkapi posisi lima besar adalah Andrea Dovizioso dan Franco Morbidelli.

Kemenangan pertama Vinales musim ini membuatnya kini mengumpulkan 65 poin. Marquez meski gagal menang tetap kukuh di puncak klasemen MotoGP 2019 dengan 160 poin, unggul atas Dovizioso dengan 116 poin di posisi kedua.

Jalannya Balapan

Begitu start, Quartararo yang memegang pole kehilangan posisi terdepan usai disalip duo Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, yang menyodok ke depan.

Sementara itu, Maverick Vinales turun ke posisi keempat dan Marc Marquez di posisi kelima.

Peningkatan pesat dibuat duo Ducati Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso yang langsung melesat ke posisi keenam serta ketujuh di akhir lap pertama. Dovizioso padahal start di posisi ke-11.

Tiga lap berlalu, Rins yang sedang memimpin balapan malah terjatuh di T9 dan Mir pun mengambil alih posisi terdepan. Tapi, Mir malah blunder karena terlalu melebar setelahnya.

Di Ramshoek, Mir pun disalip Quartararo, Vinales, dan Marquez, hingga akhirnya melorot ke posisi keempat. Quartararo memimpin balapan.

Pada lap keempat, Marquez merebut posisi kedua dari Vinales, untuk mengejar Quartararo di posisi terdepan.

Bencana datang untuk Valentino Rossi yang berada jauh di posisi ke-14. Dia harus menghentikan balapan lebih cepat usai terjatuh di lap kelima. Bersamaan dengan Rossi, ada juga Takaaki Nakagami yang bernasib sama.

Memasuki lap ke-10, Marquez berhasil merebut posisi kedua lagi usai memenangi duel dengan Vinales. Quartararo masih berada di urutan pertama.

Quartararo, Marquez, dan Vinales bersaing sendirian di urutan terdepan untuk podium pertama. Ketiganya sempat saling bergantian memimpin balapan.

Pada lap ke-16, Vinales memimpin balapan diikuti Marquez dan Quartararo. Namun, satu lap setelahnya, Marquez yang berada di belakang Vinales mampu menyalip.

Ini setelah kesalahan Vinales yang terlalu melebar di tikungan pertama, sehingga mudahkan Marquez.

Tapi, Vinales mampu menyalip lagi Marquez satu lap setelahnya. Quartararo agak tertinggal di belakang, tapi masih dalam jarak aman.

Vinales lantas mampu menjauhkan gap jadi setengah detik di lap ke-21. Marquez sepertinya sudah melepas karena dia tidak berusaha mengejar rivalnya itu.

Quartararo sendiri masih nyaman berada di posisi ketiga. Mir, Dovizioso, dan Petruci berebut posisi keempat.

Vinales akhirnya tak tertahankan untuk melintasi garis finis pertama di balapan ini. Marquez menguntit di posisi kedua disusul Quartararo di posisi ketiga. Dovizioso, Morbidelli, Petrucci, Cal Crutchlow, Mir, Jack Miller, dan Andrea Iannone melengkapi posisi sepuluh besar.

(detik.com)

Loading...

Related posts