Penerbangan Internasional Tetap di Husein, Domestik Pindah ke Kertajati

Metrobatam, Majalengka – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, tak akan memindahkan rute penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Pihaknya hanya akan memindahkan rute domestik dengan pesawat jet komersial ke Kertajati.

Perpindahan rute domestik dengan pesawat komersial ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Jawa Barat dilakukan agar kapasitas penerbangan di Bandung yang saat ini terbatas bisa dikembangkan.

Read More

“Bandung menjadi destinasi wisata, kita tidak pindahkan penerbangan internasional di sana. Bandung slot terbatas,” ungkap dia dalam sambutan rapat di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (18/6/2019).

Budi menjelaskan pesawat yang akan beroperasi di Bandara Husein Sastranegara adalah rute internasional dan jenis pesawat propeller rute domestik Jawa.

“Kenapa kita lakukan (pindahkan jet komersial ke Kertajati?) Karena Bandung landasan pendek, pakai jet di Bandung risky. Kalau baling-baling (propeller) kecepatan rendah. Jadi iya (internasional yang beroperasi di Husein) dan propeller domestik Jawa,” ungkapnya.

Maka dari itu, ia meminta agar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bisa saling berbagai penerbangan. Hal itu telah ia sampaikan kepada pengelola, yakni PT Angkasa Pura (AP) II.

“Kita bahas konektivitas Kertajati sedemikian rupa. AP II sebagai operator di sini dan Bandung juga kita minta menata penerbangan dibagi sedemikian rupa sehingga keduanya saling melengkapi. Adanya Kertajati pergerakan internasional jadi lebih bagus,” jelas dia.

Sementara itu, AP II sendiri sejak 15 Juni kemarin telh memindah sebanyak 13 rute penerbangan domestik secara bertahap. Mulai penerbangan menuju Balikpapan hingga Denpasar. (mb/detik)

Loading...

Related posts