Sembilan Perwira Tinggi Polri Daftar Calon Pimpinan KPK

Metrobatam, Jakarta – Sembilan perwira tinggi Polri telah mendaftar seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pendaftaran ini dilakukan di internal Polri, dan nantinya setelah seleksi dilakukan oleh Polri, nama-nama perwira tinggi yang lolos seleksi akan direkomendasikan oleh Polri untuk mengikuti seleksi oleh Panitia Seleksi (Pansel) KPK.

“Sudah menerima pendaftaran sembilan orang perwira tinggi polri yang berencana akan mengikuti seleksi terbuka calon komisioner KPK,” kata Dedi di Mabes Polri, Selasa (18/6).

Read More

Dedi menuturkan nantinya ada penilaian secara internal untuk memeriksa satu per satu persyaratan administrasi. Selain itu, juga akan melihat kompetensi, serta bidang pengalaman di penugasan.

“Setelah dari internal kepolisian terpenuhi persyaratan baru nanti akan diverifikasi tingkat atas, ada Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (wanjakti),” ujarnya.

Wanjakti, kata Dedi, bakal memverifikasi persyaratan perwira tinggi itu. Jika sudah memenuhi semua persyaratan, maka akan diberikan surat tahapan rekomendasi untuk mengikuti tahapan seleksi capim KPK.

Dedi menyampaikan perwira tinggi Polri yang memiliki pengalaman di bidang penegakan hukum dan pemberantasan korupsi boleh ikut mendaftar. Seleksi tersebut bersifat terbuka.

“Siapa saja yang memiliki kompetensi dan pengalaman penugasan di bidang penegakan hukum, pemberantasan korupsi boleh saja mendaftar,” ucap Dedi.

Pendaftaran seleksi calon pimpinan KPK dibuka mulai 17 Juni sampai 4 Juli 2019 dari pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pendaftar bisa langsung datang ke Sekretariat Pansel KPK, Kementerian Sekretariat Negara, Gedung 1 lantai 2, Jalan Veteran.

Pada hari pertama pendaftaran Senin (17/6), tercatat empat orang telah mendaftarkan diri. Menurut ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih empat orang pendaftar pertama itu berlatar belakang pengacara, mantan jaksa, dan masyarakat umum. (mb/cnn indonesia)

Loading...

Related posts