Basuki Jengkel Tol Cisumdawu yang Digarap China Lelet

Metrobatam, Sumedang – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono jengkel dengan progres pembangunan sebagian ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Hal itu dia sampaikannya ke kontraktor China yang terlibat pembangunan saat meninjau progres konstruksi.

Pembangunan Tol Cisumdawu memang melibatkan kontraktor China. Ada 3 kontraktor negeri tirai bambu yang terlibat, yaitu Metallurgy Corporation of China (MCC), China Road and Bridge Corporation (CRBC), dan Shanghai Construction Group (SCG).

Read More

“Kita kan dengan China kadang-kadang kan juga harus keras ya, pengawasannya harus keras, mereka kan bisnis juga ya,” katanya di sela meninjau pembangunan Tol Cisumdawu, Jawa Barat, Selasa (2/7/2019).

Setelah dikonfirmasi oleh Basuki, ternyata lambatnya progres pembangunan disebabkan oleh kendala pembebasan lahan.

“Oh iya itu karena tanah ternyata di sana,” ujarnya.

Pada intinya dia ingin mendorong agar pembangunan Tol Cisumdawu secara keseluruhan bisa selesai di 2020. Pihaknya mendorong seluruh pihak untuk mempercepat prosesnya.

“Insyaallah clear ya (seluruh pembangunan 2020), ini saya hanya mendorong saja untuk mem-backup teman-teman, karena ada tugas APBN, yang dengan loan (pinjaman) China, ada tugas BUJT yang CMNP (PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) dengan Citra Karya Jabar Tol,” tambahnya. (mb/detik)

Loading...

Related posts