Bertemu Jokowi, Putra Mahkota Abu Dhabi Bawa Proyek Rp 140 Triliun

Metrobatam, Jakarta – Dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan ada beberapa proyek yang akan diteken nilainya ratusan triliun.

Pada tanggal 19 Juli 2019, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan ada tiga proyek dengan total nilai US$ 9-10 miliar atau sekitar Rp.140 Teriliun. Jonan bilang, ketiga proyek itu sudah pasti akan diteken.

Read More

Adapun ketiga proyek tersebut adalah RDMP Balikpapan. Di sini, sifatnya hanya partnership. Kedua proyek di sektor petrokimia yang akan dikerjakan bersama Chandra Asri. Ketiga, proyek sektor perhubungan dan akan kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia dan Maspion.

Ketiga proyek itu, kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan masuk ke dalam 21 proyek yang ditawarkan kepada Uni Emirat Arab (UEA).

Hanya saja, dari daftar proyek tersebut hanya tiga yang sudah pasti dibawa pulang atau disepakati investasinya oleh rombongan Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan.

Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan beserta delegasi tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat sekitar pukul 10.35 WIB. Di dampingi oleh Presiden Jokowi, tamu negara langsung disambut oleh pelajar Indonesia dan langsung keliling, serta menanam pohon damar di halaman istana.

Selepas menanam pohon, Jokowi kembali mengajak Mohamed ke beranda belakang Istana Bogor. Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Mohamed dan didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dalam pertemuan ini, Jokowi turut membawa sejumlah menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Kemudian Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, serta Kepala BKPM Thomas Lembong. (mb/detik)

Loading...

Related posts