KPK Bawa Gubernur Kepri ke Jakarta, Paloh Langsung Copot Nurdin sebagai Ketua DPW Nasdem

Metrobatam, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa enam orang yang ikut diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kepulauan Riau ke Jakarta. Diketahui salah satu dari enam orang itu adalah Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun.

“Tim KPK telah membawa sekitar 6 orang yang diamankan di OTT kemarin. Mereka dalam perjalanan ke Jakarta lewat jalur udara, diperkirakan siang ini sampai di kantor KPK,” ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (11/7).

Read More

Selain Basirun, KPK membawa kepala dinas, kepala bidang, pegawai negeri sipil, dan pihak swasta terbang ke Jakarta. Mereka akan diperiksa lebih lanjut di gedung Merah Putih KPK.

KPK juga mengamankan uang lain dalam pecahan rupiah dan mata uang asing. Diketahui sebelumnya, saat OTT semalam, KPK juga mengamankan uang senilai Sin$6.000. Duit disinyalir berkaitan dengan izin lokasi untuk rencana reklamasi.

“KPK juga mengamankan uang lain dalam bentuk rupiah dan mata uang asing. Sedang dalam proses perhitungan,” ujarnya.

Pantauan CNNIndonesia.com, Nurdin tiba di gedung komisi antirasuah sekitar pukul 14.25 WIB. Nurdin mengenakan setelan serbahitam saat memasuki Gedung Merah Putih KPK. Nurdin tak berkomentar sedikitpun.

Selain Nurdin kelima orang yang ikut terjaring OTT juga sudah tiba lebih dulu di Gedung KPK. Mereka terdiri dari unsur kepala dinas, kepala bidang, PNS, dan pihak swasta terbang ke Jakarta.

Surya Paloh Copot Nurdin

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem membebastugaskan Nurdin Basirun dari jabatan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Kepulauan Riau (Kepri).

Langkah ini langsung dilakukan Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyikapi kabar terjaringnya Nurdin dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (10/7).

Nurdin yang ditangkap dalam kapasitasnya sebagai Gubernur Kepri telah dibawa ke Jakarta bersama lima orang lainnya untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut pada hari ini.

“Betul Gubernur Kepri itu adalah Ketua DPW NasDem yang hari ini sudah dibebastugaskan. Ketua Umum [Surya Paloh] dan saya sudah menandatangani dan gantinya dengan pelaksana tugas,” kata Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Johnny G Plate kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (11/7).

Dia menerangkan pembebasan tugas Nurdin dari jabatan Ketua DPW NasDem Kepri ini diambil setelah pihaknya mendengar kabar OTT yang dilakukan KPK dari sejumlah media massa. DPP NasDem, menurutnya, ingin menunjukkan bahwa pihaknya mendukung proses pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Kami ambil langkah cepat, ada berita media untuk menunjukkan kami betul membantu pemberantasan korupsi. Maka kami ambil langkah pembebasan tugas sementara,” ucap Johnny. (mb/detik)

 

   
Loading...

Related posts