Mahfud MD: Tuhan Saja Toleran, Masak Kita Tidak

Metrobatam, Jakarta – Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD kembali mengingatkan sikap toleransi dan saling menghormati antar sesama warga Indonesia, sesuai semangat konstitusi dan ajaran ketuhanan.

Ajaran ketuhanan yang mendasar adalah bagaimana bertoleransi terhadap pemeluk agama lain. Ajaran itu terwujud dalam agama-agama.

“Agama saya Islam. Setahu saya dalam ajaran Islam yang saya pahami ini sikap toleransi sangat ditekankan. Tuhan saja sangat toleran, masak kita tidak,” kata Mahfud dalam acara Bincang Seru Mahfud di Auditorium Universitas Al-Azhar, Jakarta, Jumat (12/7).

Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu menekankan jangan ada pemaksaan atau tindakan semena-mena kehendak mayoritas.

Bacaan Lainnya

“Jangan sampai pecah dan perang antar saudara sendiri. Cerita dari negara-negara konflik itu sangat menyedihkan dan terpuruk,” katanya.

Untuk mendorong nilai toleransi dan nilai-nilai lain Pancasila, kata dia, pihaknya akan terus intensif menginisiasi diskusi-diskusi kepancasilaan di berbagai kampus dan komunitas. Topik yang dibahas tentang penguatan nilai Pancasila dan pelaksanaannya.

Pembicara lain, Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia Asep Saefuddin mengatakan bahwa Indonesia adalah negara percontohan dalam toleransi dan demokrasi.

Indonesia disebut Asep dijadikan percontohan oleh negara-negara di kawasan Timur Tengah dalam hal umat muslim mayoritas yang tetap bisa merangkul pemeluk agama lain.

“Mereka memuji Indonesia sebagai model pluralisme,” katanya.

Adapun keragaman di Indonesia, kata Agus adalah fitrah. Keragaman tidak bisa dipertentangkan dan bukan alat perpecahan.

Menurut dia, potensi perpecahan sebagai imbas Pemilu bisa dihindari. Saat ini sudah tidak lagi menonjol kelompok pasangan calon 01 atau 02. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *