Ma’ruf Amin soal Kabinet Menteri Jokowi: Sebentar Lagi

Metrobatam, Jakarta – Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma’ruf Amin mengaku akan segera melakukan pembahasan soal susuan menteri kabinet kerja jilid II bersama Joko Widodo untuk pemerintahan lima tahun ke depan.

Ma’ruf Amin mengklaim perbincangan soal kabinet Jokowi-Ma’ruf akan dilakukan sebentar lagi.

Read More

“Sebentar lagi,” kata Ma’ruf ditemui di Gedung Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (18/7).

Namun Ma’ruf tak menjelaskan waktu pasti perbincangan soal kabinet menteri ini digelar. Dia juga menyebut belum menyerahkan nama-nama potensial yang bisa dijadikan menteri ketika dia resmi menjabat sebagai Wakil Presiden mendampingi Jokowi.

“Belum (ajukan nama) nanti kan ada perbincangan. Waktunya kan sudah ada,” kata Ma’ruf.

Di sisi lain, Joko Widodo sendiri justru mengaku sudah menyusun komposisi menteri untuk kabinet periode 2019-2024. Jokowi menyebut akan secepatnya mengumumkan formasi Kabinet Indonesia Kerja jilid II tersebut.

“Sudah, sudah (menyusun kabinet), secepatnya (diumumkan),” kata Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (12/7).

Jokowi sendiri belum mau bicara terbuka soal komposisi para menterinya. Ia hanya menyatakan formasi kabinetnya diisi dari kalangan partai dan profesional.

“Kira-kira 60 (partai):40 (profesional) atau 50:50. Kira-kira itu,” ujarnya.

Jokowi menambahkan bakal ada sosok anak muda dalam kabinet periode kedua 2019-2024. Ia mengaku sudah meminta partai politik pendukung menyetorkan kader mudanya masing-masing untuk menjadi menteri.

“Saya minta dari partai juga ada (kader) yang muda. Ada dari profesional juga (yang tergolong muda untuk menjadi menteri),” kata Jokowi. (mb/cnn indonesia)

Loading...

Related posts