Pangkoarmada I Resmi Membuka Opster TNI Galang 01 TA 2019

Metrobatam.com, Batam – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada ) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono,S.E.,M.M., resmi membuka kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI Galang 01 TA 2019 dalam suatu upacara pembukaan bertempat di Lapangan Sepak Bola Latief Muhamad Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Batam Kepulauan Riau, Senin (29/7).

Dengan dibukanya kegiatan Opster TNI Galang 01 TA 2019 melalui upacara pembukaan oleh Pangkoarmada I, maka ini merupakan titik awal dimulainya semua pekerjaan yang bersifat fisik dan non fisik.

Sebagai informasi bahwa Opster TNI Galang 01 TA 2019 ini dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) yang membawa hi Komandan Sub Satgas Fisik dijabat oleh Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H. M.si dan Komandan Sub Satgas Non Fisik dijabat Aspotmar Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto.

Kegiatan tersebut, digelar selama 60 hari yang dibagi dalam dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Kedua kegiatan tersebut diselenggarakan didua tempat yaitu Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa dan Kelurahan Sembulang Kecamatan Nongsa.

Bacaan Lainnya

Kegiatan fisik di Kelurahan Sambau meliputi renovasi Tribun dan WC Lapangan Sepak Bola Latief Muhamad, renovasi lapangan bola volley, renovasi lapangan sepak takraw dan masjid An-Nur. Sedangkan di Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang merenovasi Mesjid Nurul Jihad dan Posyandu Sri Purnama.

Sedangkan kegiatan non fisik meliputi kegiatan komunikasi sosial (Komsos), dan Bhakti Kesehatan didua tempat yaitu di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa dan di Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang.

Untuk kegiatan Komsos masih dibagi lagi untuk kalangan masyarakat dan anak-anak pelajar SMA. Bagi masyarakat meliputi materinya tentang Keamanan Laut dan Pelayaran, Penyelundupan dan Perdagangan, Perikana dan Narkoba, sedangkan untuk kalangan pelajar SMA materinya tentang Hukum, Mengatasi Berita Hoax, Bela Negara dan Kesehatan.

Untuk Bakti Kesehatan meliputi kegiatan pengobatan umum, sunatan masal, pengobatan gigi dan pelayanan KB.

Pada amanatnya Pangkoarmada mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Opster TNI Galang 01 TA. 2019 di Wilayah Lantamal IV merupakan suatu langkah dan tindakan wujud Darma bakti TNI dalam membantu menangani permasalahan pengamanan wilayah perbatasan, membantu tugas pemerintah di daerah dan membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan serta mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat.

Lebih jauh dikatakan bahwa dengan tergelarnya Opster TNI TA 2019 ini bukan hanya sekedar kegiatan biasa namun dapat menimbulkan hal yang positif sehingga suatu daerah tersebut dapat secara berangsur-angsur terbentuk situasi yang kondusif.

“Pangkoarmada I menegaskan tetap wujudkan bersinerginya TNI dan rakyat karena tanpa rakyat TNI tidak ada apa-apanya” tegasnya.

Setelah upacara pembukaan Pangkoarmada I berkenan foto bersama, srta meninjau secara langsung kegiatan Bakti Kesehatan dan ke tempat lokasi yang akan di renovasi

Yang menarik pada saat Pangkoarmada I meninjau pelaksanaan Komsos di Aula Palm Spring, Pangkoarmada I menjawab 3 pertanyaan dari para peserta yang bertanya kepada Nara Sumber. Salah satu pertanyaannya adalah bagaiman peran TNI AL terhadap penyelundupan Narkoba ke Indonesia dan bagaimana keamanan bagi seorang pelapor yang melaporkan suatu kejadi dilaut.

Hadir pada acara tersebut Sekda Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Waaspotmar Kasal, Kadispotmar Mabesal, Kabakamla Zona Batam, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Kabinda Kepri, Wadanlantamal IV, Paban V Ster TNI, Aspotmar Pangkoarmada I, Kasrem 033/WP, Asops Guskamla Koarmada I, Kakanwil Kemhan, Dantonpam Lanud Hang Nadim, Dirpolairud Polda Kepri, Dirkeamanan BP Batam, Kabid Brantas BNNP Kepri, Wakil Walikota, Asisten 1 Walikota Batam, Kakan Bea dan Cukai Batam diwakili, Dandim 0316/BTM, Rektor UNRIKA, Ketua BKKBN Kepri, Kepala Pelabuhan Laut Batam, Kepala KSOP Batam, Kadis Kesehatan Batam, Danyoif-10 Mar/SBY.

 (MB/Dispen Lantamal IV )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *