Pemilik Akun Penghina “Jokowi Mumi” Sebut Foto Itu Karya Seni

Metrobatam, Blitar – Akun Aida Konveksi memberikan alasan kenapa menyebarkan gambar Jokowi mumi. Menurut pengusaha Butik Malang ini, gambar Jokowi mumi adalah sebuah karya seni.

Alasan ini disampaikan Ida Fitri selaku pemilik akun Aida Konveksi melalui kuasa hukumnya. Menurut perempuan berusia 44 tahun ini, gambar mumi dengan wajah mirip Presiden Jokowi itu sebuah karya seni.

Read More

“Gambar itu didesign sedemikian rupa sehingga menjadi karya seni. Sehingga klien saya tidak berpikir panjang untuk menyebarkan kembali di beranda media sosialnya,” kata Kuasa Hukum Aida Konveksi, Oyik Rudi Hidayat kepada detikcom saat dikonfirmasi, Senin (7/7/2019).

Menurut Oyik, klienya adalah pengusaha butik yang sering bersentuhan dengan design-design baju. Pada penyidik, Ida Fitri juga mengaku banyak mengkoleksi gambar-gambar semacam itu.

Di depan wartawan, Ida Fitri juga menyatakan tidak ada upaya untuk menghina Presiden Jokowi.

“Ooo gak mungkinlah ya. Gak mungkin itu,” katanya usai diperiksa kembali di Mapolresta Blitar, Sabtu (6/7/2019).

Sementara hasil keterangan dari tiga saksi ahli menguatkan dugaan adanya pelanggaran UU ITE. Penyidik juga telah menyita 14 lembar screen shot postingan Ida Fitri di akunnya Aida Konveksi.

Namun sejauh ini, belum ada tanda-tanda akan penetapan status Ida Fitri. Polisi terkesan sangat hati-hati dalam penanganan masalah ini.

“Ya sabar dulu. Ini masih proses. Sabar sik ya,” pungkas Kasatreskrim Polresta Blitar AKP Heri Sugiono.

Akun Aida Konveksi mem-posting gambar mumi yang wajahnya mirip Presiden Joko Widodo. Postingan itu diberi tulisan ‘The New Firaun’. Tak hanya gambar itu, pemegang akun yang merupakan pemilik Butik Malang itu juga memposting gambar baju kebesaran MK namun berkepala anjing.

Akun Aida Konveksi, diketahui pelapor memposting itu di media sosialnya, Senin (1/7/2019) pukul 18.00 wib. Pelapor ini admin IG info_seputaran_blitar yang ditujukan kepada Humas Polresta Blitar, Kapolresta Blitar dan Polsek Sanankulon.

Pemilik akun, Ida Fitri diperiksa Polresta Blitar sebanyak 2 kali. Pemeriksaan yang kedua, pemilik Butik Malang ini mengaku tidak bermaksud menghina. Perempuan berusia 44 tahun itu pun meminta maaf sedalam-dalamnya kepada seluruh rakyat Indonesia atas postingan tersebut. (mb/detik)

Loading...

Related posts