Piala Afrika 2019: Senegal Jumpa Aljazair di Final

Kairo – Final Piala Afrika 2019 akan mempertemukan Senegal dengan Aljazair. Senegal lolos usai menyingkirkan Tunisia di semifinal, sedangkan Aljazair mendepak Nigeria.

Senegal harus berjuang sampai babak perpanjangan waktu untuk mengatasi Tunisia. Setelah bertarung selama 120 menit, Senegal akhirnya menang 1-0 atas Tunisia di laga semifinal yang dimainkan di 30 June Stadium, Senin (15/7/2019) dini hari WIB.

Read More

Setelah tak ada gol yang tercipta pada babak pertama, Tunisia berpeluang emas untuk membuka keunggulan pada menit ke-75. Mereka mendapat hadiah penalti setelah Kalidou Koulibaly melakukan handball.

Namun Tunisia justru gagal memanfaatkannya. Tendangan Ferjani Sassi diantisipasi oleh kiper Senegal.

Pada menit ke-80, giliran Senegal yang mendapat penalti setelah Dylan Bronn dinilai melanggar Ismaila Sarr. Namun eksekusi Henri Saivet juga tak menghasilkan gol.

Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit ke-100 di babak perpanjangan waktu. Senegal unggul setelah Bronn membuat gol bunuh diri.

Drama kemudian terjadi pada menit ke-115. Tunisia sempat mendapat penalti setelah Idrissa Gueye dinilai melakukan handball. Namun wasit membatalkan keputusan tersebut usai melihat VAR.

Lolos ke final, Senegal akan menghadapi Aljazair. Aljazair melangkah ke partai puncak setelah menang 2-1 atas Nigeria.

Aljazair unggul lebih dulu setelah William Troost-Ekong membuat gol bunuh diri pada menit ke-40. Nigeria kemudian menyamakan skor lewat penalti Odion Ighalo.

Riyad Mahrez kemudian tampil sebagai pahlawan kemenangan Aljazair. Pemain Manchester City itu mencetak gol kemenangan Aljazair lewat sebuah tendangan bebas di menit ke-95.

Pertandingan final antara Senegal dan Aljazair akan dimainkan pada Jumat (19/7/2019) malam waktu setempat. Sementara Tunisia dan Nigeria akan lebih dulu melakoni laga perebutan tempat ketiga pada Rabu (17/7/2019). (mb/detik)

Loading...

Related posts