Polisi Beberkan Asal Muasal Foto Jokowi Mumi yang Viral di Blitar

Metrobatam, Blitar – Hasil penyelidikan polisi mengungkap kronologi postingan mirip gambar Presiden Jokowi mumi. Akun Aida Konveksi mengaku, durasi postingan itu hanya dua jam sebelum hilang dari peredaran.

detikcom sebelumnya memberitakan Aida Konveksi memposting konten dugaan menghina Jokowi itu pada tanggal 9 Juni. Ternyata hasil penyelidikan polisi, akun itu memposting gambar ‘Jokowi Mumi’ pada Minggu (30/6/2019) pukul 20.00 wib. Dan sekitar pukul 23.00 wib, akun itu hilang sendiri.

Read More

“Pengakuan pemilik akun, dia posting itu hanya dua jam. Lalu malam banyak yang memperingatkan, setelah dilihat lagi ternyata akun dan postingannya sudah hilang. Kami cek memang sudah hilang sekitar jam 11 malam,” kata Kasatreskrim Polresta Blitar AKP Heri Sugiono kepada detikcom di mapolresta, Rabu (3/7/2019).

Polisi juga telah menelusuri asal gambar itu diambil oleh akun Aida Konveksi. Sebelum diposting ulang di beranda akun pribadinya, Aida mengaku mendapatkan gambar itu di beranda akun pribadinya dari akun Thomas Udin Edison. Akun itu mengirimkan ke grup medsos ‘The Voice of The People’.

Hingga kini, sebanyak empat saksi telah diminta keterangan oleh penyidik Satreskrim Polresta Blitar. Ke empat saksi itu di antaranya, admin IG info_seputaran_blitar yang melaporkan postingan berkonten penghinaan itu kepada Humas Polresta Blitar dan admin grup di medsos lain yang ikut menviralkan laporan itu.

Tim cyber crime juga mendalami pengakuan pemilik akun soal hilangnya postingan itu, sekaligus akun pribadinya. Dari rekam jejak digital tim ahli, penyidik akan mengetahui jawaban pasti.

“Ngakunya sih hilang sudah dihapus kominfo. Tapi untuk mengetahui secara pasti, rekam jejak digital itu hanya tim IT yang akan menjawabnya,” ungkap Heri.

Sebelumnya viral di medsos grup komunitas di Blitar. Akun Aida Konveksi memposting gambar mumi yang wajahnya mirip Presiden Joko Widodo. Dalam postingan itu, diberi tulisan: The New Firaun.

Tak hanya memposting gambar itu, pemegang akun yang merupakan pemilik Butik Malang itu juga memposting gambar baju kebesaran MK namun berkepala anjing. (mb/detik)

Loading...

Related posts