Sekretariat DPRD Batam Terima Kunjungan DPRD Kota Yogyakarta

Kunjungan kerja yang dilakukan DPRD Kota Yogyakarta bersama dengan Rekan Pers ke Sekretariat DPRD Kota Batam pada Selasa (25/6/2019) (Foto : Tribunyogya)

Metrobatam.com, Batam – Kota Batam, merupakan salah satu dari tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau yang cukup mendominasi.Baik dari sisi kependudukan maupun perekonomian, Batam cukup memegang peran yang signifikan di Provinsi Kepulauan Riau.

Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Sujanarko dalam kunjungan kerja yang dilakukan DPRD bersama dengan Rekan Pers Yogyakarta ke Sekretariat DPRD Kota Batam pada Selasa (25/6/2019) mengungkapkan banyak hal yang didiskusikan berkaitan dengan kemajuan kota Batam.

Read More

Menurutnya, Pemerintah Kota Batam memiliki banyak program yang lebih spesifik ketika dibandingkan dengan Kota Yogyakarta.

“Kota Batam memang dulunya adalah kota industri, orientasinya menuju ke kota wisata. Kita coba mencari tahu apa yang sudah dilakukan oleh Sekretaris Dewan DPRD Batam yang implementasi memang untuk menaikan atau menggeser, dari kota industri ke kota wisata,” terangnya.

Menurutnya, kelebihan yang ada di Kota Batam nantinya akan diadopsi serta hasilnya akan diserahkan kepada Dewan periode berikutnya, agar ke depan bisa menjadi inovasi baru di Kota Yogyakarta.

“Sejauh mana, Jogja kurang apa, akan kita adopsi, dan hasilnya akan kita serahkan ke teman dewan periode berikutnya. Peran serta wartawan, sangat mendukung sekali, makanya dalam kunjungan kerja ini kita juga mengajak rekan wartawan agar nanti apa yang belum ada di Yogyakarta bisa kita lengkapi,” ungkapnya.

Jalaludin, Kabag Administrasi Umum dan Humas Sekretariat DPRD Kota menerangkan bagi orang awam terkadang lebih mengenal Kota Batam daripada Kepulauan Riau.

Menurutnya, Kota Batam merupakan daerah yang memiliki pengelolaan khusus, yang bisa dicontoh oleh Kota Yogyakarta.

“Kota Batam terkenal, semua orang Indonesia kenal Batam. Kota Batam ini merupakan daerah dengan pengelolaan khusus. Hal ini sangat menarik dan menambah wawasan baru kami dalam rangka melaksanakan tugas di Kota Yogyakarta,” ungkapnya.

Taufiq Kabag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Batam menerangkan ada banyak sektor yang dikembangkan di Kota Batam, seperti jasa, industri, pariwisata, perbankan, maupun perdagangan,Untuk jumlah penduduk sendiri Batam cukup mendominasi, yakni lebih dari setengah penduduk Provinsi Kepulauan Riau tinggal di Kota Batam. Sedangkan dari sisi ekonomi sendiri, Batam juga memegang peran yang signifikan di Kepulauan Riau.

“Saat ini kita merencanakan untuk menggarap pertanian rakyat di salah satu pulau. Selain itu, saat ini kita juga sedang fokus untuk memajukan pariwisata. Dari sisi objek wisata kita memiliki banyak pilihan, dari sisi makanan serta barang-barang kita juga bermacam-macam, seperti sup ikan. Selain itu, ketika ada yang ingin menyeberang ke Singapura, bisa juga lewat Batam,” ungkapnya. (Mb)

 

(Mb/Tribunnewsyogya)

   
Loading...

Related posts