Tafsir PDIP soal Menteri Muda untuk Kabinet Jokowi-Ma’ruf

Metrobatam, Jakarta – Wakil presiden 2019-2024 terpilih Ma’ruf Amin menyebut Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan menteri dari kalangan muda. PDIP sebagai pengusung utama Jokowi di Pilpres 2019 punya tafsir sendiri soal menteri muda itu.

“Jadi yang disebut muda-milenial itu adalah muda dan juga mengenai sikap, mengenai apa yang dilakukan, mengenai kapasitas, kapabilitas, memang harus orang muda. Artinya apa, muda dalam bersikap, muda dalam bekerja,” sebut Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Read More

Eriko meminta muda jangan hanya diartikan sebatas umur. Menurutnya, jika menteri muda hanya dipatok berdasarkan umur, itu kurang tepat.

“Muda itu berapa? 18? 17? Apakah 50 (tahun) bukan muda? Menurut WHO, umur 60 masih dikategorikan muda, 60-70 dewasa, 70 ke atas baru disebut lanjut usia. Jadi dalam hal ini, kita jangan mendeskripsikan bahwa yang muda itu harus berusia di bawah 30,” jelas Eriko.

Eriko yakin Jokowi ingin menteri muda yang artinya gesit dalam bekerja dan cerdas. Menteri muda, menurut PDIP, juga orang yang tidak suka berdiam di belakang meja.

“Kalau kami rasa tidak seperti itu yang disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo, tapi muda dalam bertindak, agresif dalam bertindak, progresif, cepat menyikapi, tidak tinggal diam, tidak tinggal di belakang meja. Bukankah seperti itu yang diharapkan beliau, menurut kami ya,” katanya menafsirkan.

Ma’ruf Amin sebelumnya mengatakan Jokowi sudah menyiapkan sejumlah nama menteri untuk kabinet periode kedua. Ma’ruf menyebut Jokowi menyiapkan menteri dari kalangan muda.

“Saya kira karena Pak Jokowi sudah membuat pernyataan bahwa nanti akan ada menteri yang muda. Bahkan beliau nyebut umur 25-30 (tahun) ya. Itu artinya berarti akan ada menteri yang (muda),” kata Ma’ruf di Hotel Grand Cempaka, Jalan Letjend Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (3/7). (mb/detik)

Loading...

Related posts