Salah Sumbang Rp 42,6 M ke Rumah Sakit yang Jadi Sasaran Teror

Metrobatam, Jakarta – Mohamed Salah dilaporkan mendonasikan 3 juta dolar Amerika Serikat ke Institut Kanker Nasional di Kairo, Mesir. Rumah sakit ini baru saja mengalami teror.

Sebuah ledakan terjadi di RS Kanker tersebut pada Minggu (4/8/2019) malam waktu setempat, yang dipicu dari mobil. Mobil itu melaju kencang melawan arah lalu menabrakkan diri ke RS.

Read More

Korban meninggal sejauh ini tercatat 20 orang, dengan 47 lainnya luka-luka seperti dilaporkan BBC. Setidaknya tiga orang masih dalam kondisi kritis.

Mohamed Salah, yang memang berasal dari Mesir, dikabarkan bertindak cepat untuk membantu RS. Dilaporkan media Mesir Youm7 dan dilansir LiverpoolEcho, Presiden Universitas Kairo Mohamed Osman Elkhosht menyebut pemain Liverpool itu mendonasikan 3 juta dolar AS untuk membantu renovasi bangunan.

Angka setara Rp 42,6 miliar itu kira-kira separuh dari total biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan.

“Dukungan penuh dan duka cita saya untuk keluarga para korban dan korban ledakan di Institut Onkologi,” tulis Salah di Twitter.

Insiden ini awalnya diduga hanya kecelakaan, namun Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengindikasikan bahwa ini adalah serangan teroris. Penyelidikan pun telah digelar, sementara polisi menduga ini adalah serangan yang dilancarkan oleh kelompok militan, Hasm.

“Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada rakyat Mesir dan keluarga para martir yang terbunuh dalam insiden teroris pengecut di sekitar wilayah Kasr al-Aini kemarin malam,” ungkap presiden Mesir di seperti dilansir BBC.

Salah memang dikenal peduli dengan masyarakat Mesir. Di kota kelahirannya, Nagrig, dia dijuluki ‘Si Pembuat Kebahagiaan’ karena membangun pusat kepemudaan, sekolah khusus perempuan, pusat kesehatan, lalu menyumbang ambulans dan perlengkapan medis yang mahal.

Pria yang mengantarkan Liverpool juara Liga Champions musim lalu itu punya badan amal, Mohamed Salah Charity Foundation, untuk menyalurkan bantuan dengan tepat sasaran ke orang-orang yang membutuhkan. (mb/detik)

Loading...

Related posts