12 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Jangan Disimpan Dalam Freezer

Metrobatam, Jakarta – Adanya freezer tentu menjadi solusi dalam menyimpan makanan. Namun ternyata freezer bisa mengubah kualitas dan rasa makanan.

Kehadiran freezer di lemari pendingin tentu menjadi salah satu solusi untuk menyimpan makanan. Namun banyak orang yang tak mengerti jenis makanan apa yang memang bagus disimpan kedalam freezer.

Read More

Karena selain menghilangkan kandungan nutrisi, makanan juga tidak segar seperti semula jika disimpan ke dalam freezer. Dilansir dalam The Daily Meal (28/1), berikut jenis makanan dan minuman yang seharusnya tidak disimpan di dalam freezer.

Jangan Dibekukan! 12 Makanan Ini Sebaiknya Tak Disimpan Dalam FreezerFoto: iStock

1. Susu

Jika Anda memiliki susu terlalu banyak, jangan dimasukkan ke dalam freezer. Susu memang aman untuk dibekukan, tetapi susu beku yang dicairkan kembali sangat tidak bagus dikonsumsi.

Karena dengan itu, minuman yang lembut dan creamy ini akan terpisah menjadi bongkahan senyawa lain yang mengambang di air. Meskipun Anda tetap bisa tambahkan ke dalam smoothies atau dalam pembuatan kue, tetapi susu sudah tidak enak untuk diminum.

2. Sayuran berdaun

Sayuran yang beku kemudian dicairkan kembali sangat tidak baik untuk digunakan sebagai salad. Sayuran hijau mengandung banyak air. Maka ketika Anda membekukan sayuran berdaun, air itu bertambah dan menghancurkan dinding sel yang mempertahankan struktur daun. Hal ini berarti sayuran segar itu akan basah dan layu.

Sayuran dari freezer ini tetap bisa dijadikan smoothie atau ditumis, tetapi jangan dihidangkan jika Anda ingin menggunakan sayuran ini untuk salad atau hidangan lain di mana sayuran dimakan mentah.

3. Telur

Telur sangat tidak baik disimpan dalam freezer, karena telur mentah yang ada dalam cangkang akan mengembang ketika membeku. Hal ini akan menyebabkan cangkang retak dan telur pecah.

4. Kentang

Kentang mentah mengandung air dalam jumlah banyak. Maka ketika Anda membekukannya, konsistensi berubah secara permanen. Setelah kentang dicairkan kembali, kentang akan menghasilkan tekstur yang lembek dan berlendir yang akan membuat semakin sulit untuk dimasak.

Jangan Dibekukan! 12 Makanan Ini Sebaiknya Tak Disimpan Dalam FreezerFoto: iStock

5. Mayonnaise

Mayo yang dibekukan, tidak akan bagus untuk dihidangkan ke dalam salad Anda. Mayo akan berubah dari creamy menjadi menggumpal. Mayo memang memiliki masa simpan yang cukup lama di lemari es, tetapi Anda perlu untuk langsung menggunakannya.

6. Keju

Keju yang dibekukan memang sangat aman, tetapi akan mengubah kualitas keju Anda. Pembekuan dapat mengubah rasa dan tekstur keju. Tetapi jika Anda hanya berusaha agar keju yang sudah digunakan ingin bertahan lebih lama, dengan membekukannya bukan masalah besar.

7. Mentimun

Mentimun adalah salah satu makanan paling melembabkan karena timun mengandung begitu banyak air. Lebih dari 90 persen mentimun terdiri dari air. Jadi, jika Anda membekukan mentimun, airnya akan mengkristal menjadi es. Dengan ini akan mengacaukan tekstur mentimun Anda. Mentimun tidak lagi renyah melainkan akan mencair dan lembek seperti bubur.

8. Tomat

Jangan pernah menyimpan tomat ke dalam freezer. Karena begitu dicairkan, tomat akan lengket dan tidak lagi segar. Perubahan tekstur ini sebagian besar karena jumlah air dalam tomat. Namun, jika Anda ingin menyimpan tomat untuk dimasukkan ke dalam sup atau saus, tomat tetap bisa dibekukan. Meskipun tekstur tidak lagi segar, rasa dari tomat akan bertahan hingga berbulan-bulan kemudian.

9. Alpukat

Sisa alpukat yang dibekukan kembali akan menghasilkan tekstur yang berlendir, lembek, dan sama sekali tidak enak untuk dimakan.

10. Bumbu dapur

Bumbu kering memang memiliki masa simpan yang lama, tetapi jika Anda jarang masak, jangan letakkan bumbu dapur ke dalam freezer. Karena dengan pembekuan dan pencairan dapat menyebabkan tingkat kekeringan atau kelembaban terhadap bumbu dapur. Selain itu, rasa bumbu ini dapat berubah ketika mereka membeku.

11. Makanan Kalengan

Jangan pernah meletakkan produk kaleng yang belum dibuka ke dalam freezer. Karena air akan mengembang saat membeku. Jika Anda tidak berhati-hati, kaleng akan meledak dan akan membuat makanan berantakan di dalam freezer.

12. Daging yang dicairkan

Jika Anda mencairkan daging, Anda mungkin harus langsung memasaknya. Meskipun pembekuan daging memang aman menurut USDA, tetapi akan membuat daging kering. Akibatnya, setelah Anda memasak daging itu kembali, teksturnya akan berubah. (mb/detik)

Loading...

Related posts