Pesan Kemerdekaan Plt Gubernur Kepri H Isdianto : Siapkan SDM Unggul, Wujudkan Kepri Maju

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Plt Gubernur Kepri H Isdianto dalam pesan kemerdekaannya mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama membulatkan tekad membangun bangsa dan negara Indonesia. Salah satunya dengan terus menyiapkan sumber daya manusia yang unggul demi mewujudkan Indonesia Maju.

“Peringatan Kemerdekaan RI ke-74 ini mengusung tema ‘Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju’ tentu menjadi prioritas utama yang harus terkonsolidasi dengan baik, agar dapat memberikan hasil yang memuaskan bagi kita semua sebagai bangsa Indonesia. Juga untuk semakin memajukan daerah kita, Provinsi Kepulauan Riau,” demikian Isdianto dalam pesan kemerdekaannya sempena HUT RI tahun ini.

Sempena HUT RI ke-74, Isdianto menjadi inspektur upacara (Irup) dalam peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dipusatkan di halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Sabtu (17/8). Pada kesempatan itu, yang bertindak sebagai Komandan Upacara Danyon Komposit -1/GP Dam 1/BB, Perwira Upacara Mayor Caj (K) Sri Sugiharti, Pembaca Naskah Proklamasi ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, dan pembaca doa Kakanwil Kemenag Kepri Mukhlisuddin.

Seluruh kepala FKPD hadir dalam momen penting ini, seperti Kapolda Kepri Irjend. Pol. Andap Budhi Revianto, Kajati Kepri Edy Birton SH,MH, Danrem 033 Wira Pratama Brigjend TNI Gabriel Lema, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana TNI R Arsyad Abdullah, Danguskamla Laksamana TNI Yayan Sofyan, Kepala Bakamla LaksamanaTNI Eko Murwanto, Kabinda Kepri Pol Riza Celvian G, Kakanhan Kepri Laksma YNI Sulistiawan, Danlanud Raja Haji Fisabilillah Kol. Pnb.Elistar Silaen serta Kepala Kakanwil Hukum dan HAM Zaeroji.

Bacaan Lainnya

Seluruh rangkaian peringatan Detik-detik Proklamasi di Kepri ini berjalan dengan lancar, khidmat dan sukses. Kesuksesan rangkaian upacara peringatan hari bersejarah ini ditentukan pula dengan suksesnya proses pengibaran sang Saka Merah Putih oleh putra dan putri Kepri yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Setiap derap langkah tegap anggota Paskibraka dalam momen ini tak luput dari pandangan mata seluruh hadirin yang memadati area halaman Gedung Daerah. Nafas seakan tertahan untuk mengimbangi langkah pasukan dengan harapan sedikitpun tidak terjadi kesalahan.

Di akhir acara, kepada wartawan Isdianto juga berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam persiapan hingga pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI ke-74 di Kepri. Dimulai dari penggemblengan anggota Paskibraka, Pengukuhan Paskibraka, Pemberian Anugerah Satya Lencana Karya Satya, malam Renungan Suci, upacara pengibaran Bendera, pemberian remiai dan seterusnya.

“Hari ini genap 74 tahun Indonesia merdeka dan Alhamdulillah semangat itu masih tetap membara dihati masyarakat. Termasuk di kalangan masyarakat Kepri. Rangkaian acara kita juga berjalan dengan baik. Begitu juga anak-anak yang bertugas menaikkan dan menurunkan bendera. Mereka bekerja totalitas dan luas biasa. Semuanga perlu kita apresiasi,” kata Isdianto.

Barisan dalam upacara peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019 ini terdiri dari kompi I dengan berpakaian PDU Gabungan Pama, masing masing dari kesatuan TNI AL, AD dan AU. Untuk Batalyon I membawahi 3 Kompi, 1 Kompi terbagi lagi dalam 3 Pleton. Kompi I pasukan bersenjata terdiri dari masing masing 1 Pleton satuan Korem 033/WP, satuan Lantamal IV Tanjungpinang dan satuan Yon Marhanlan Tanjungpinang.

Adapun kompi II terdiri dari masing masing 1 pleton satuan Lanud RHF Tanjungpinang, satuan Brimod Polda Kepri dan 1 Pleton lagi Gabungan TNI AD dan AL dan Batalyon Marinir. Dan Kompi III terdiri dari masing masing 1 Pleton Satpol PP Provinsi, ASN Kejaksaan Tinggi Kepri dan Damkar Provinsi.

Batalyon II terdiri dari 3 Kompi, Kompi 1 masing masing 1 Pleton dari ASN Bea dan Cukai, KPLP Tanjungpinang dan ASN Basarnas Tanjungpinang. Kompi II terdiri dari 1 Pleton Dispora Provinsi, ASN Kemenkumham dan Dishub Provinsi.

Batalyon III terdiri dari 3 Kompi yang mana Kompi I berasal dari 1 Pleton Mahasiswa Umrah, Mahasiswa STAIN dan Mahasiswa STISIPOl. Kompi II terdiri dari 1 Pleton Mahasiswa STIE, Mahasiswa STIKES dan Mahasiswa AKBID dan Kompi III berasal dari 1 Pleton Mahasiswa AKPER, MAN Tanjungpinang dan SMAN 2 Tanjungpinang.

Batalyon IV terdiri dari 3 Kompi. Masing-masing Kompi I terdiri dari 3 Pleton Pramuka Daerah, Kompi II 3 Pleton Gabungan siswa/siswi SMA di Tanjungpinang dan Kompi III siswa/siswi gabungan SMP Kota Tanjungpinang.

Dalam prosesi pengibaran bendera merah putih, yang bertindak sebagai komandan Kompi pasukan Paskibraka adalah Kapten Laut (S) Erwin Ady Nugroho lulusan AAL 2008 dengan jabatan Kasi Uji Akun Mako Lantamal IV Tanjungpinang.

Adapun anggota Paskibra yang mendapat tugas membawa baki yang berisikan Sang Saka Merah Putih adalah Amanda Reihanita siswi SMA Negeri I Tanjungpinang. Sedangkan yang bertugas membentangkan sang bendera ialah Darna Wijaya siswa SMK 5 Tanjungpinang dan pemegang bendera Ricky Bintang Perdana siswa SMA Negeri 1 Batam.

Usai melaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi HUT RI ke-74, Plt. Gubernur bersama jajaran FKPD serta rombongan lainnya menuju Lembaga Pemasyarakatan Tanjungpinang di KM. 18 untuk acara pemberian remisi.

(Humaskepri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *