Dokter Keluarkan 1.898 Batu dari Empedu Seorang Pasien

Metrobatam, Jakarta – Seorang dokter di Rumah Sakit Tha Bo Crown Prince di distrik Tha Bo Nong Khai, Thailand terkejut saat menangani seorang pasien. dr Wattana Pareesri baru-baru ini mengeluarkan 1.898 batu empedu dari pasiennya.

Dikutip dari Asia One, dr Wattana baru pertama kali menangani kasus seperti itu selama ia berprofesi sebagai ahli bedah selama 25 tahun. Menurutnya, jumlah batu empedu yang pernah tercatat terbanyak dialami seseorang adalah pada 2009 sebanyak 920 dan pada 2006 sebanyak 495.

Read More

dr Wattana menambahkan, beberapa gejala dari batu empedu seperti, sakit perut kronis dan kembung, terutama setelah mengonsumsi protein atau makanan berlemak. Karena itu, dr Wattana menyarankan agar masyarakat menjalani pemeriksaan rutin atau medical check-up setiap tahunnya, termasuk tes ultrasonografi di perut.

Batu empedu adalah endapan cairan pencernaan yang mengeras terbentuk di kantung empedu. Orang yang paling berisiko terkena batu empedu adalah orang dengan kolesterol tinggi, diabetes, dan Thalassemia.

Penyakit ini biasanya menyerang orang di atas usia 40 tahun, dan 2-3 kali lebih berisiko pada wanita daripada pria. (mb/detik)

Loading...

Related posts