Salam Papeda, Cara Gubernur Khofifah Rangkul Masyarakat Papua

Metrobatam, Surabaya – Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengirimkan ‘Salam Papeda’ kepada seluruh masyarakat Papua. Salam ini dikirim melalui akun instagram pribadinya @khofifah.ip.

Tak lupa, Khofifah juga menuliskan pesan di instagram dalam dialek papua. Sebelumnya, Khofifah mengunggah video yang memperlihatkan seorang mama papua yang mengatakan bahwa dia dan kampungnya pro NKRI.

“Sa yakin masyarakat Papua dorang disana cinta Indonesia, dorang cinta merah putih. Sa yakin pace, mace, kaka, dan ade dorang samua tra mau Papua rusuh. Mari torang jaga Indonesia tetap damai. Tara usah bakalai, pertikaian, permusuhan dan anarkisme di Tanah Papua,” tulis Khofifah dalam instagramnya yang dilihat detikcom, Kamis (22/8/2019).

“Mari torang samua tetap pegang teguh torang pu motto “PAPEDA” (Papua Penuh Damai). Salam PAPEDA dari masyarakat Jawa Timur,” imbuh Khofifah.

Bacaan Lainnya

Unggahan ini menuai respons positif dari netizen. Saat berita ini ditulis, video tersebut telah ditonton lebih dari 49 ribu kali dan mendapat ratusan komentar.

Para warganet pun mendukung langkah Khofifah yang terus melakukan pendekatan untuk menyudahi aksi kerusuhan di sejumlah wilayah di Papua, buntut dari insiden di Surabaya dan Malang.

“Keren mama papua @khofifah.ip bersama wagub @emildardak tolong jadikan Jatim bersih, toleran, produktif. Rakyat mendukung. Terimakasih,” kata akun @eengsuyoto.

“Terimakasih Ibu Gubernur, yang telah berkenan menyambungkan kemuliaan masyatakat Jawa Timur kepada saudara-saudara kami di Papua dan dari Papua. Gusti Allah menyertai perjuangan panjenengan, doa dan hati kami bersama ibu @khofifah.ip,” tulis akun sunartip_le_noncouronne_dejava.

“Sebuah tindakan yang tepat dan cepat bu Khofifah lakukan ketika ada anarkis… SMG dlm kepemimpinan ibu di Jatim ini dan bpk Jokowi di Ondonesia selalu dalam lindungan Allah SWT… sehat selalu sehingga Indonesia lebih maju dan bersatu padu,” tambah akun @h.abdulkholik_

Tak hanya itu, warganet juga meminta Khofifah mengusut pelaku dan provokator yang menyebabkan terjadinya insiden di Surabaya dan Malang.

“Mohon ditertibkan ormas atau apapun itu yang ingin merusak damainya Jawa Timur @khofifah.ip Dn tugas kita bersama memberantas hoax dn yg sudah termakan hasutan orang,” tulis akun @kenniweatherly_

Senada akun @prabhaswaraaditya juga menuliskan “Mohon ditertibkan Bu @khofifah.ip ormas2 intoleran di Jawa Timur yg ingin mengubah ideologi Pancasila dan memecah belah NKRI,”.

Tak hanya itu, Khofifah juga merespons komentar netizen. Dia mengatakan para provokator tengah diproses. Sementara Khofifah meminta masyarakat untuk menjaga dan merawat Indonesia serta tidak mudah terprovokasi isu yang sengaja dihembuskan pihak-pihak yang ingin merusak Indonesia.

Sebelumnya, Khofifah juga bertemu dengan Staf Khusus Presiden Untuk Papua, Lenis Kogoya di Gedung Negara Grahadi, Selasa (20/8). Dalam pertemuan tersebut, Khofifah menyuguhkan makanan khas Papua yakni Papeda sebagai menu jamuan makan. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *